Xiaomi bakal hadirkan smartphone dengan kamera 100 MP

Xiaomi memastikan akan menghadirkan smartphone dengan kamera 100 MP. Kamera itu akan menggunakan sensor ISOCELL milik Samsung yang sampai saat ini juga masih menjadi misteri.

Xiaomi bakal hadirkan smartphone dengan kamera 100 MP Source: Xiaomi

Perang megapiksel kembali dimulai. Kali ini Xiaomi dengan percaya diri menyatakan akan menghadirkan smartphone dengan kamera 100 MP. Smartphone ini diklaim akan hadir bersama dengan Redmi misterius yang memiliki kamera 64 MP. 

Sebagaimana diketahui, Redmi misterius itu akan menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 yang kompatibel dengan kamera 64 MP. Sementara sensor kamera yang akan Redmi itu hadirkan akan berukuran 1/1.7 inci. Sebagai gambaran, bagaimana besaran sensor kamera smartphone ini nanti, berikut islutrasinya dalam kamera beresolusi 64 MP.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Hasil kamera Redmi K20 Pro kalahkan iPhone XR

Xiaomi bakal kembangkan smartphone dengan layar refresh rate 120Hz

Redmi Note 8 dijual mulai Rp2 juta di Malaysia


Ilustrasi besaran sensor kamera smartphone

Ukuran ini cukup besar untuk ukuran kamera smartphone. Selain itu juga, jenis sensornya merupakan CMOS yang jamak dipakai sebagai sensor kamera saku digital.  Smartphone Xiaomi itu juga akan menggunakan teknologi ISOCELL milik Samsung. Bedanya, sensor itu sampai saat ini belum diumumkan oleh Samsung dan masih menjadi misteri hingga sekarang.

Untuk lebih detailnya, kamera smartphone Xiaomi itu akan memiliki 108 juta piksel yang mampu menangkap foto dengan resolusi 12032x9024 piksel. Hasil fotonya sendiri bisa pengguna cetak dengan ukuran maksimal 244 x 326 cm. 

Hampir dapat dipastikan bahwa smartphone Xiaomi terbaru tersebut akan hadir dengan chipset besutan Qualcomm. Pasalnya, Qualcomm sudah membuat chipset yang kompatibel dengan sensor kamera 100 MP. 

Namun harus diakui semakin besar MP maka akan semakin besar juga memori yang dibutuhkan untuk menyimpan hasil fotonya. Tak hanya itu, smartphone juga akan membutuhkan waktu lebih lama dan tenaga lebih besar untuk memproses hasil foto tersebut. Besarnya ukuran foto juga akan membutuhkan kuota lebih besar ketika hendak mengunggah hasil foto ke internet. Namun hal ini bisa diakali dengan mengubah resolusi gambar tersebut. 

Terlepas dari itu, Xiaomi belum mengumumkan kapan akan menghadirkan smartphone dengan kamera 100 MP tersebut. Jika berkaca dari peluncuran Redmi 64 MP pada kuartal keempat tahun ini di India, bisa jadi smartphone Xioami akan hadir dengan rentang waktu yang tidak terlalu jauh.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: