sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Rabu, 03 Jan 2024 21:59 WIB

Xiaomi pamerkan paten atas teknologi pintu mobil listrik terkini

Xiaomi kini memiliki paten terhadap teknologi pintu canggih pada mobil listrik terkini termasuk SU7.

Xiaomi pamerkan paten atas teknologi pintu mobil listrik terkini
Sumber: Xiaomi

Xiaomi belum lama ini telah mengumumkan produk pertama mobil litrik yang bernama Xiaomi SU7. Namun, belum berselang beberapa hari Xiaomi kini memamerkan hak paten yang dimilikinya atas teknologi pintu canggih pada mobil listriknya.

Dilansir dari gizmochina (3/1), Xiaomi berhasil mematenkan teknologi temuannya yakni hidden car door handles yang memiliki beberapa bentuk khusus. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk membuka pintu dengan menarik gagang pintu, namun yang unik bentuknya nanti berbeda-beda.

Menurut keterangan pada dokumen CNIPA, beberapa bentuk yang dimaksud di antaranya yakni convex, semi-hidden, dan hidden door handles. Bentuk ini tidak hanya membawa nuana estetika saja, namun juga aerodinamika sehingga bisa menambah efisiensi laju mobil.

Teknologi pintu mobil listrik yang dipatenkan oleh Xiaomi ini tidak terlalu rumit, bahkan ongkos pembuatannya disebut lebih murah daripada yang lain. Sistem sederhana serta tetap mengandalkan otomatisasi dalam penggunaannnya membuat teknologi gagang pintu ini dapat dipatenkan oleh Xiaomi.

Seperti pada teknologi pintu Xiaomi SU7 yang memakai konsep semi-hidden indoor handle, daripada menggunakan model konvensional lainnya Xiaomi justru memilih model yang berbeda supaya bisa menghadirkan pengalaman baru bagi penggunanya. Tentunya aspek kemudahan menjadi fokus bagi Xiaomi untuk menghasilkan teknologi ini sebelum akhirnya dipatenkan.

Harapannya memang untuk produk mobil listrik berikutnya, Xiaomi bisa menawarkan teknologi pintu otomatis yang memiliki konsep fully hidden door handles demi meningkatkan efisiensi serta kemudahannya. Walau begitu sekarang Xiaomi sepertinya akan melakukan pengembangan teknologi tersebut secara bertahap mengingat pabrikan tersebut baru saja meluncurkan produk mobil listrik pertamanya beberapa waktu lalu.

Adapun Xiaomi SU7 merupakan produk mobil listrik pertama dari Xiaomi yang memiliki desain layaknya Mercedes Benz dan BMW. Pada varian terbaiknya, kendaraan listrik ini memiliki 673 tenaga kuda yang dapat membuatnya berakselerasi dengan kecepatan dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,78 detik saja.

Share
×
tekid
back to top