Pengiriman smartwatch Samsung dan Fitbit meningkat

Walaupun Apple mengalami penurunan pangsa pasar, perusahaan ini masih menjual lebih banyak smartwatch dibandingkan dengan sebelumnya.

Pengiriman smartwatch Samsung dan Fitbit meningkat Source: Pexels

Menurut laporan terbaru dari Strategy Analytics, pengiriman smartwatch Samsung dan Fitbit mengalami kenaikan empat kali lipat pada musim liburan tahun 2018 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Dilansir dari The Verge (28/2), pertumbuhan tersebut menyebabkan pangsa Apple di pasar smartwatch turun lebih dari 15 persen selema periode yang sama, namun mereka masih mendominasi setengah jumlah pasar. Angka tersebut merupakan gambaran yang sehat untuk pasar smartwatch global yang secara keceluruhan tumbuh 56 persen setiap tahun.

Walaupun Apple mengalami penurunan pangsa pasar, perusahaan ini masih menjual lebih banyak smartwatch dibandingkan dengan sebelumnya. Pengiriman Apple meningkat sebesar 1,4 juta unit dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya, dengan total 9,2 juta unit yang dikirimkan pada Q4 2018, menurut data dari Strategy Analytics.


BACA JUGA

Apple pimpin pasar smarwatch di Amerika Utara pada Q2 2019

Smartwatch baru Garmin punya mode Night Vision dan tahan banting

Oppo segera masuk dalam persaingan smartwatch


Samsung menjadi produsen terbesar kedua dengan 2,4 juta unit pengiriman dibandingkan dengan 600 ribu pada kuartal yang sama tahun 2007. Sementara Fitbit meningkatkan pengiriman dari 500 ribu menjadi 2,3 juta unit.

Apple Watch Series 4 memiliki formula yang dapat dipakai Apple agar akhirnya mewujudkan visi aslinya, sementara Samsung Galaxy Watch terasa seperti awal yang baru untuk brand smartwatch. Di sisi lain Fitbit merilis Versa, smartwatch generasi kedua yang menutupi kekurangan versi awalnya.

Dengan meningkatnya penjualan smartwatch, satu-satunya yang berjalan di tempat dalam laporan Strategy Analytics adalah Google. Meski tidak menghasilkan smartwatch sendiri, Wear OS mereka dimaksudkan untuk menjadi software pendamping yang dapat dipakai untuk Android. Tetapi merek smartwatch paling populer memiliki sistem operasi mereka sendiri. Ada rumor bahwa Google mungkin akan menawarkan apa yang disebut smartwatch ‘Pixel Watch’.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: