sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 18 Agst 2022 10:19 WIB

Google Pixel Tablet diprediksi hanya dukung Android 64 bit

Google diinformasikan akan meluncurkan tablet sendiri dengan nama Pixel Tablet. Perangkat ini dikatakan hanya akan memiliki dukungan 64 bit dari sistem operasi Android.

Google Pixel Tablet diprediksi hanya dukung Android 64 bit
Ilustrasi: Pexels

Google secara resmi mengumumkan Pixel Tablet pada konferensi pengembang tahunannya pada 11 Mei 2022 lalu. Namun, hingga saat ini detail mengenai tablet yang akan datang ini masih sangatlah sedikit.

Kita tahu bahwa perangkat ini akan dirilis pada tahun 2023 dan akan dilengkapi dengan chip Tensor. Sekarang, beberapa informasi baru mengenai tablet telah muncul secara online. Pixel Tablet yang akan datang itu mungkin memulai debutnya dengan Android 13 versi 64 bit saja.

Menurut tweet baru-baru ini oleh Mishaal Rahman, Google sedang menguji versi 64 bit dari Android 13 untuk perangkat bernama “Tango”, yang dikatakan sebagai nama kode untuk tablet Pixel. Dilansir dari Gizmochina (18/8), kurangnya dukungan 32 bit pasti akan mengurangi penggunaan RAM, dimana merupakan kabar yang sangat baik.

Namun kekurangan yang akan dirasakan oleh pengguna adalah mereka tidak akan bisa lagi menjalankan aplikasi 32 bit. Tapi, ini seharusnya tidak menjadi masalah besar karena sebagian besar aplikasi di Play Store harus mendukung 64 bit karena mandat Google tahun 2019.

Perlu diingat bahwa Apple telah pindah ke hanya arsitektur 64 bit untuk iOS pada tahun 2017. Jika Pixel Tablet dikirimkan dengan hanya versi 64 bit dari Android 13, ini akan menjadi salah satu perangkat Android pertama yang melakukannya.

Seperti yang disebutkan, tablet Google Pixel diharapkan untuk meluncur pada tahun 2023. Karena masih ada hampir satu tahun untuk peluncuran, kita dapat mengharapkannya ini ditenagai oleh chipset Tensor 2 atau 3. Ini kemungkinan akan menjalankan versi terbaru Android. Perangkat itu mungkin juga memiliki dukungan untuk stylus.

Lebih lanjut, dikatakan pula bahwa Pixel Tablet tidak akan mendukung perekaman video 4K. Tablet tersebut juga tidak akan mendukung banyak fitur foto dan video seperti yang ditemukan pada ponsel seri Pixel 6.

Share
×
tekid
back to top