sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 26 Jul 2021 16:33 WIB

Apple kembangkan monitor dengan prosesor A13 Bionic

Apple dikabarkan sedang kembangkan monitor dengan menggunakan prosesor A13 Bionic yang didukung Neural Engine. Monitor ini kemungkinan akan menjadi penerus Pro Display XDR.

Apple kembangkan monitor dengan prosesor A13 Bionic
Credit: Apple

Apple dua tahun lalu telah merilis monitor eksternal yakni Pro Display XDR, yang hingga kini masih tersedia untuk beberapa waktu kedepan. Tapi sejauh ini, masih belum ada kabar tentang versi terbaru dari monitor Apple tersebut. Namun, dilansir 9to5Mac (26/7), Apple sedang melakukan pengujian pada satu monitor yang dilengkapi dengan prosesor A13 dan Neural Engine khusus.

Ini tampaknya menjadi produk monitor terbaru yang akan dirilis Apple untuk melanjutkan Pro Display XDR. Monitor baru yang sedang dikembangkan itu dikabarkan memiliki kode J327. Tapi hingga kini, belum ada kabar yang menjelaskan detail lanjut tentang spesifikasi teknis dari monitor itu. Meski belum ada kabar itu, monitor ini diprediksi akan mengusung prosesor buatan perusahaan yang saat ini disebut A13 Bionic, dimana ini juga digunakan untuk jajaran iPhone 11.

Bersama dengan prosesor A13, monitor tersebut dikabarkan juga akan dilengkapi dengan Neural Engine. Teknologi ini akan mempercepat machine learning dari monitor. Sebelumnya, sempat terdengar kabar jika Apple telah mengerjakan monitor yang lebih murah untuk pengguna biasa. Jadi, kemungkinan besar monitor baru yang dilengkapi prosesor A13 akan menjadi model baru untuk menggantikan Pro Display XDR dengan harga lebih murah.

Kembali pada 2016, tepat setelah monitor Apple diluncurkan, Thunderbolt Display berhenti diproduksi, terdapat kabar yang menunjukkan jika perusahaan sedang mengerjakan monitor penerus dengan resolusi yang lebih tinggi disertai prosesor. Meski Apple akhirnya meluncurkan Pro Display XDR sebagai monitor premium di 2019, tapi ini ternyata tidak mengusung prosesor seperti yang dikabarkan.

Jadi kabar terbaru terkait monitor dengan prosesor, menunjukkan jika Apple belum menyerah pada rencananya untuk meluncurkan monitor dengan prosesor. Meski belum diketahui apakah monitor itu akan dipasarkan atau tidak dalam waktu dekat, setidaknya perusahaan secara internal tampaknya serius menganggas monitor berprosesor. Kabar ini tentu cukup menyenangkan, apabila memang benar akan ada monitor berprosesor dari Apple, ini dapat membantu iMac untuk menampilkan grafik dengan resolusi yang tinggi secara efisien.

Apple juga dapat menggabungkan kekuatan prosesor di monitor dengan di iMac agar memberikan kinerja yang lebih baik, untuk menjalankan tugas grafis yang intensif. Kemungkinan lain dari fungsi prosesor di monitor adalah untuk bisa menambahkan beberapa fitur pintar seperti AirPlay. Di sisi lain, kabar kehadiran monitor berprosesor Apple masih perlu dipastikan dan diikuti perkembangannya karena perusahaan memang belum memberikan informasi resmi.

Share
×
tekid
back to top