sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
Senin, 06 Apr 2020 13:36 WIB

Robot kura-kura ini bisa rawat ikan ternak

Robot kura-kura berkamera ini diberi nama U-CAT, yang sebelumnya dikembangkan di Tallinn University of Technology di Estonia.

Robot kura-kura ini bisa rawat ikan ternak
Source: Tallinn University of Technology via New Atlas

Lingkungan budidaya semenanjung laut harus secara teratur diperhatikan, ditambah ikan perlu diperiksa akan adanya penyakit atau gangguan lain seperti parasit. Meskipun pekerjaan itu biasanya dilakukan oleh penyelam manusia, ternyata penyu robot mungkin menjadi pilihan yang lebih baik agar dapat menjalankan tugas tersebut.

Sayangnya, ketika penyelam scuba manusia berenang di antara ikan-ikan ternak, penyelam ini akan mengeluarkan gelembung-gelembung udara saat bernapas, sehingga menjadikan hewan ternak tersebut menjadi stres. Ini pada gilirannya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Hal yang sama berlaku ketika menggunakan perangkat yang bernama remotely-operated vehicles (ROV).

Mencari alternatif lain yang lebih ramah ikan, Profesor Maarja Kruusmaa dan rekannya mencoba kura-kura robot yang dilengkapi kamera. Dilansir dari New Atlas (6/4), robot kura-kura ini diberi nama U-CAT, yang sebelumnya dikembangkan di Tallinn University of Technology di Estonia. Kruusma berafiliasi dengan universitas tersebut dan University of Science di Norwegia.

Robot U-CAT bersifat otonom dan dapat dengan tenang bergerak ke segala arah (atas, bawah, depan, belakang) dengan menggerakkan keempat siripnya secara independen. Ketika Maarja dan timnya menguji robot tersebut di kandang ikan salmon di sebuah peternakan ikan Norwegia. Ikan itu tetap tenang, berenang cukup dekat dengan robot. Sebaliknya, salmon akan menjauh dari penyelam dan ROV.

Menurut Kruusmaa, rahasia keberhasilan U-CAT kemungkinan terletak pada ukurannya yang kecil dan gerakannya yang lambat. “Fakta bahwa robot itu tampak seperti binatang laut tidak membuat ikan-ikan ketakutan. Ini adalah kabar baik, artinya kami tidak perlu membuat robot menjadi mirip seperti ikan atau kura-kura. Ini menjadikannya lebih murah untuk dikembangkan,” kata Kruusmaa.

 

Share
back to top