sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Senin, 22 Nov 2021 13:39 WIB

Pesawat listrik Rolls-Royce pecahkan rekor, melesat 623 km/jam

Sejak awal, Spirit of Innovation dibangun untuk menjadi pesawat listrik tercepat di dunia, dengan target kecepatan 338 km/jam yang ditetapkan oleh Siemens pada tahun 2017.

Pesawat listrik Rolls-Royce pecahkan rekor, melesat 623 km/jam

Pesawat terbang yang dikembangkan oleh Rolls-Royce untuk memecahkan rekor kecepatan sebuah pesawat listrik tampaknya telah terpenuhi. Pesawat yang diberi nama ‘Spirit of Innovation” tersebut telah mengudara beberapa hari lalu dan mencapai kecepatan maksimum 623 km/jam. Ini diklaim tidak hanya menjadikannya pesawat listrik tercepat, tetapi juga kendaraan listrik tercepat di dunia dalam bentuk apa pun.

Sejak awal, Spirit of Innovation dibangun untuk menjadi pesawat listrik tercepat di dunia, dengan target kecepatan 338 km/jam yang ditetapkan oleh Siemens pada tahun 2017. Pesawat itu didorong oleh tenaga 500 hp (400 kW) powertrain listrik keseluruhan dan paket baterai 6.000 sel, digambarkan sebagai yang paling padat energi yang pernah diintegrasikan ke dalam pesawat.

Dilansir dari New Atlas (22/11), pesawat ini menyelesaikan tes perjalanan darat (taxi) pertamanya di bulan Maret, kemudian terbang untuk pertama kalinya pada September. Pesawat ini tercatat menyelesaikan penerbangan 15 menit dan memulai fase pengujian yang lebih maju. Perjalanan terbaru terjadi di situs pengujian pesawat eksperimental Boscombe milik Kementerian Pertahanan Inggris, dan memuncak dalam tiga rekor dunia.

Rekor tersebut termasuk mendaki ke ketinggian 3.000 meter dalam 202 detik (memecahkan rekor sebelumnya) dengan 60 detik, mencapai kecepatan tertinggi 555,9 km/jam lebih dari 3 km, dan mencapai puncak kecepatan 532,1 km/jam lebih dari 15 km. Tiga klaim rekor dunia ini telah diajukan ke Fédération Aéronautique Internationale untuk sertifikasi resmi, tetapi pesawat tersebut dikatakan juga telah mencatat kecepatan 623 km/jam selama perjalanan ini, lebih cepat daripada kendaraan listrik mana pun.

Share
×
tekid
back to top