Nvidia punya laboratorium baru untuk kembangkan robot

Nvidia berharap lab barunya dapat memunculkan generasi robot yang dapat bekerja dengan manusia di lingkungan terbuka.

Nvidia punya laboratorium baru untuk kembangkan robot Source: Pexels

Nvidia kabarnya baru saja membuka laboratorium baru di Seattle. Laboratorium itu mereka bangun untuk menjadi rumah bagi semua proyek robotiknya. Dilansir dari Engadget (12/1), lebih dari 50 ilmuwan riset dan mahasiswa dari University of Washington akan bekerja di fasilitas tersebut di bawah pimpinan Nvidia Senior Director of Robotics Reseacrh, Dieter Fox. Dia menjelaskan bahwa lab tersebut akan menyatukan “tim ahli kolaboratif interdisipliner dalam pengendalian dan persepsi robot, visi komputer, interaksi manusia-robot dan deep learning.”

Perusahaan yang berbasis di California tersebut berharap lab barunya dapat memunculkan generasi robot yang dapat bekerja dengan manusia di lingkungan terbuka. Bahkan, salah satu proyek utamanya saat ini adalah mesin pembantu di dapur, yang dirancang menggunakan paltform Nvidia Jetson dan GPU Titan sehingga dapat berfungsi di dapur.


BACA JUGA

Ternyata robot belum bisa gantikan manusia

Robot ini bisa jadi guru gitar yang kejam

Melihat demo robot langsung di pabrik


Robot itu bergantung pada deep learning untuk mendeteksi dan melacak objek tertentu berdasarkan simulasi sendiri. Ia tidak memerlukan peta tempat dan dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan di sekitarnya.

Perangkat yang disebut sebagai Kitchen Manipulator ini bahkan diklaim bisa membuka dan menutup pintu laci untuk mendapatkan benda atau bahan yang diperlukan. Karena sifat dapur yang selalu berubah, Dieter melihatnya sebagai lokasi yang ideal untuk melakukan uji coba. Sebuah robot yang dapat menangani selusin panci, spatula, dan bahan-bahan kemungkinan akan dapat menangani lingkungan kompleks lainnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: