sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 22 Des 2021 14:20 WIB

NASA siap luncurkan misi pariwisata ke ruang angkasa

Tiga awak dilaporkan membayar masing-masing sekitar USD55 juta untuk pengalaman unik tinggal di ISS atau 259 mil di atas Bumi.

NASA siap luncurkan misi pariwisata ke ruang angkasa

NASA berencana untuk meluncurkan misi Space Tourism atau pariwisata luar angkasa pertamanya ke International Space Station (ISS) pada 28 Februari 2022. Misi ini diselenggarakan oleh Axiom Space yang berbasis di Texas dan akan menggunakan roket Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon SpaceX yang sudah teruji.

Dilansir dari Digital Trends (22/12), The Ax-1 - sebagaimana NASA menyebutnya - akan berlangsung selama seminggu dan diawaki oleh investor dan filantropis Kanada Mark Pathy, pengusaha Amerika Larry Connor, mantan pilot Angkatan Udara Israel Eytan Stibbe, dan komandan misi Michael López-Alegría yang juga merupakan mantan astronot NASA.

Tiga awak tersebut dilaporkan membayar masing-masing sekitar USD55 juta untuk pengalaman unik tinggal di ISS atau 259 mil di atas Bumi. Selama berada di ruang angkasa, mereka akan mengerjakan proyek penelitian dan filantropi mereka sendiri. Sementara itu, kegiatan yang terkait kesehatan kemungkinan akan menjadi fokus utama pekerjaan Pathy, Connor, dan Stibbe.

Pengumuman NASA datang seminggu setelah agensi mengungkapkan telah memilih Axiom untuk misi ini. Menurut laporan, misi akan berlangsung antara musim gugur 2022 dan akhir musim semi 2023. 

Di samping itu, NASA dan mitra Rusia Roscosmos juga sedang meningkatkan upaya untuk mengkomersialkan ISS, dalam upaya mengumpulkan dana dan meningkatkan akses ke ruang angkasa. 

Pada awal Desember ini, Roscosmos menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz membawa 2 turis antariksa Jepang ke ISS dan mengembalikannya ke Bumi setelah 12 hari mengorbit. Juga sebelumnya pada November, Roscosmos membawa dua pembuat film Rusia ke ISS.

Tag
Share
×
tekid
back to top