sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
Selasa, 18 Mei 2021 08:00 WIB

NASA: Berkebun di luar angkasa bantu kesehatan mental astronot

Studi baru NASA yang masih berjalan saat ini mencatat berkebun di luar angkasa dapat membantu kesehatan mental para astronot.

NASA: Berkebun di luar angkasa bantu kesehatan mental astronot
Source: NASA

Berkebun akan memainkan peran penting dalam misi luar angkasa jangka panjang di masa depan. Kegiatan ini akan menawarkan astronot sumber sayuran hijau yang segar dan sehat, dan mungkin makanan nabati lainnya saat jauh dari rumah. Namun, studi baru NASA menemukan manfaat lain dari berkebun di luar angkasa.

NASA sudah menanam tanaman di International Space Station (ISS) beberapa waktu ini, dan proyek tersebut terbukti membuahkan hasil. Beberapa astronot mampu memakan tanaman yang dipanen, dan para ilmuwan belajar cukup banyak tentang bagaimana membudidayakan sayuran hijau secara efektif dalam lingkungan gravitasi mikro.

Meski demikian, tidak semuanya berkaitan dengan produksi makanan. NASA mengatakan, saat ini sedang mempelajari apakah berkebun di luar angkasa akan memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental astronot. Terutama, apakah itu akan membantu jenis isolasi unik yang menyertai kehidupan di antariksa.

Penelitian dilakukan oleh ilmuwan proyek Kennedy Space Center Dr. Gioia Massa dan tim ahlinya. Proyek ini berada di bawah Program Riset Manusia NASA. Upaya tersebut melibatkan survei pada astronot yang membudidayakan tanaman di ISS, dengan beberapa pertanyaan yang akan membantu menjelaskan dampak aktivitas ini terhadap suasana hati astronot.

Hingga saat ini, penelitian masih berlangsung pada 7 dari 24 astronot yang diantisipasi menyelesaikan survei. Namun, beberapa data awal yang tersedia mencatat semua astronot menilai aktivitas tersebut bermakna. Beberapa menyukai aktivitas yang berbeda, sementara yang lain melaporkan kegemaran mereka membudidayakan tanaman dan mendedikasikan waktu luang untuk berkebun.

Studi di atas mungkin bisa dikaitkan dengan tren tanaman yang belakangan ini sedang populer di Indonesia. Tren ini juga mulai muncul sejak masa pandemi yang mengharuskan masyarakat mengisolasi diri di dalam rumah. Konsep yang sama dengan para astronot yang mengisolasi diri, tapi di luar angkasa.

Tag
Share
×
tekid
back to top