sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
Rabu, 27 Mei 2020 13:38 WIB

Kafe di Korea pakai robot untuk antarkan pesanan pelanggan

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak langsung antara pramusaji dengan pelanggan selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Kafe di Korea pakai robot untuk antarkan pesanan pelanggan
Source: Reuters

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Hal ini membuat sejumlah negara melakukan langkah-langkah untuk mencegah virus ini menyebar lebih jauh, sambil tetap memastikan orang dapat beraktivitas. Salah satunya dilakukan oleh Korea Selatan. Di negara ini, sebuah kafe di Daejeon menggunakan robot sebagai pramusajinya. 

Singkatnya, dengan menggunakan robot pramusaji ini, Korea Selatan dapat tetap mempertahankan physical distancing. Pasalnya, robot inilah yang akan bertugas mengantarkan makanan dan minuman kepada pelanggan kafe tersebut. 

Untuk diketahui, sistem ini menggunakan sebuah lengan robotik yang akan menyiapkan 60 makanan dan minuman berbeda. Robot ini juga dibekali dengan roda agar dapat mengantarkan pesanan pengunjung. Menariknya, sistem ini dapat berkomunikasi dengan perangkat lain, memiliki kemampuan self-driving untuk menentukan rute terbaik di antara orang dan meja dan berkomunikasi dengan pelanggan melalui kontrol suara. 

“Sistem kami tidak membutuhkan input dari orang untuk melakukan pengantaran pesanan, dan meja-meja [di kafe] diatur untuk menjamin kemudahan pergerakan dari robot itu, yang mana sesuai dengan kampanye tanpa sentuhan,” kata Lee Dong-bae, direktur Vision Semicon. 

Dilansir dari Engadget (27/5), Vision Semicon adalah penyedia layanan smart factory yang bekerja dengan institut sains milik negara untuk membawa robot tersebut ke kafe. Dengan menggunakan robot ini, pramusaji dan pelanggan dapat menghindari kontak langsung satu sama lain. 

Sebenarnya ini bukanlah robot pramusaji pertama yang ada. Sebelumnya sejumlah restoran di California dan Boston sudah bereksperimen dengan konsep serupa yakni mengandalkan robot pekerja dan pembalik burger. 
 

Share
×
img
×
tekid
back to top