Netflix raih 24 nominasi Oscar

Pada Academy Awards, Netflix meraih 24 nominasi untuk film-film garapannya dan menjadi nominasi terbanyak dibanding studio film lainnya.

Netflix raih 24 nominasi Oscar Source: The Verge

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Academy Awards, studio dengan nominasi terbanyak adalah layanan streaming. Dilansir dari CNBC (14/1), Netflix telah meraih 24 nominasi untuk Academy Awards. Diketahui jumlah tersebut lebih besar dari perusahaan media lain tahun ini. 

Judul "The Irishman" garapan sutradara Martin Scorsese diketahui telah mengumpulkan 10 nominasi. Sedangkan "Marriage Story" mengumpulkan enam nominasi, "The Two Popes" memperoleh tiga nominasi, dan film animasi "Klaus" masuk dalam nominasi untuk fitur animasi terbaik.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

MUI jelaskan soal fatwa haram Netflix

Begini bocoran musim kedua The Witcher

Alasan Telkom masih blokir Netflix


Selain itu, Netflix juga mendapatkan nominasi untuk dua film dokumenternya yang berjudul "American Factory" dan "The Edge of Democracy". Oh iya, perusahaan juga mendapatkan nominasi untuk film dokumenter pendeknya yang berjudul "Life Overtakes Me". 

Tentunya jalan Netflix ke Oscar tidaklah mudah. Pasalnya layanan streaming tersebut sempat berselisih dengan pencipta, pemilik teater, dan Academy Awards. Untuk mencapai ini, diketahui Netflix harus memutar filmnya di bioskop setidaknya untuk waktu yang singkat.

Academy Awards mengharuskan penayangan film setidaknya selama tujuh hari berturut-turut di teater komersial di Los Angeles County. Film tersebut juga harus ditayangkan setidaknya tiga kali sehari, dengan setidaknya satu pemutaran antara jam 6 malam dan 10 malam. 

Misalnya film "Roma" tahun 2018 lalu, menjadi film pertama Netflix yang dinominasikan sebagai film terbaik. Meskipun film tersebut tidak menang, namun Roma telah mengambil fitur internasional terbaik, sutradara terbaik, dan penghargaan sinematografi terbaik.

Tentunya penghargaan semacam ini tidak hanya membuktikan bahwa Netflix dapat membuat konten berkualitas. Tapi juga membantu meyakinkan pemilik teater independen untuk mengizinkan film Netflix di masa depan diputar di bioskop mereka. 

Di sisi lain, dengan mendapatkan nominasi terbanyak bukan berarti Netflix akan pulang dengan penghargaan terbanyak. Pada bulan Desember lalu, layanan streaming Netflix telah meraih sebanyak 17 nominasi Golden Globe. Namun Netflix hanya memenangkan dua penghargaan saja. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Netflix Film