Bos Pixar, Ed Catmull ingin pensiun

Pemimpin Pixar dan Walt Disney Animation, Ed Catmull berencana untuk pensiun di usianya yang ke-73 tahun.

Bos Pixar, Ed Catmull ingin pensiun Source: latimes.com

Ed Catmull, pemimpin Pixar dan Walt Disney Animation baru saja mengumumkan rencana untuk pensiun pada usia 73 tahun. Dilansir dari Variety (23/10), Jim Morris akan menggantikan posisi Catmull sebagai president dari Pixar dan Andrew Millstein sebagai presiden dari Walt Disney Animation Studios.

"Tidak pernah dalam imajinasi terliar saya dapat membayangkan berjalan bersama orang-orang luar biasa, yang telah bekerja dengan saya selama bertahun-tahun ini. Telah kami lewati tikungan, pasang surut bersama dengan semangat, bakat, dan dedikasi yang memunculkan sesuatu luar biasa. Memunculkan sesuatu yang memiliki dampak abadi di dunia,” kata Catmull.

Dengan pensiunnya Catmull, ia meninggalkan warisan teknologi pembuatan film selama 40 tahun belakangan ini. Tak hanya itu, Catmull juga turut serta dalam peluncuran bersejarah Pixar tentang fitur animasi komputer yang pertama (Toy Story) pada tahun 1995. Dirinya dipekerjakan oleh George Lucas pada tahun 1979 silam, untuk memimpin divisi komputer di Lucasfilm. Kemudian ia pindah ke Pixar pada tahun 1986 dengan Steve Jobs dan John Lasseter.

Bukan hanya itu, Catmull juga turut berkontribusi dalam lima judul popular Pixar seperti Frozen, Zootopia, Incredibles 2, Toy Story 3, dan Finding Dory. Di sisi lain, CEO Disney Bob Iger juga turut berkomentar atas pensiunnya Catmul. Bob Iger menyebut Catmull sebagai perintis antar kreativitas dan teknologi yang memungkinkan untuk mendongengkan cerita pada orang banyak.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: