sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 23 Agst 2022 17:05 WIB

YouTube kini hadirkan halaman khusus untuk Podcast

YouTube dilaporkan telah meluncurkan halaman khusus untuk podcast pada layanan streaming video mereka.

YouTube kini hadirkan halaman khusus untuk Podcast

Layanan streaming milik Google, YouTube, dilaporkan telah meluncurkan halaman khusus podcast ini untuk sejumlah pengguna di kawasan tertentu. Kabar ini mengkonfirmasi rumor yang sempat beredar di internet pada Maret 2022 lalu. 

Berdasarkan laporan dari 9to5Google (23/8), halaman khusus untuk podcast ini diyakini telah meluncur sejak akhir Juli 2022. Namun, halaman khusus podcast ini baru diketahui seiring dengan kemunculannya yang semakin banyak pada pengguna aplikasi YouTube di Amerika Serikat (AS). 

Artinya, hingga sekarang halaman khusus untuk podcast ini masih dalam proses peluncuran oleh pihak Google. Halaman ini juga hanya dapat diakses melalui halaman Explore yang terdapat di aplikasi ataupun browser youtube.com/podcast

Menurut 9to5Google, sejumlah akun pengguna YouTube yang berada di AS kini menampilkan sebuah tab baru di halaman penelusuran mereka. Lebih lanjut, tab podcast di halaman Explore ini akan muncul bersama dengan sederet pilihan lainnya seperti Trending, Musik, Film & Acara, Live, Game, Berita, Olahraga, Pembelajaran, dan Mode & Kecantikan.

Halaman khusus untuk podcast yang terdapat di YouTube saat ini terbilang cukup sederhana. Namun, meski tidak menunjukkan adanya banyak kurasi, halaman baru ini telah memiliki sejumlah saluran dan acara dengan jutaan pendengar.

Tidak jauh berbeda dengan tab lainnya, halaman ini juga memungkinkan pengguna aplikasi untuk mendengarkan podcast yang mereka gemari. Bedanya, pada tab ini tidak terdapat video yang ditampilkan ketika konten podcast diputar oleh pengguna. 

Kendati tidak menampik kabar terkait keberadaan halaman podcast di platform mereka, YouTube sejauh ini belum memberikan keterangan resmi mengenai hal tersebut. Pihaknya hanya mengatakan, halaman ini tersedia untuk mempermudah para pembuat konten podcast yang terdapat di layanan streaming media miliknya. 

Sayangnya, halaman khusus untuk podcast saat ini hanya tersedia untuk pengguna aplikasi YouTube yang berada di kawasan AS. Sedangkan untuk pengguna global, masih belum diketahui kapan perusahaan akan meluncurkan fitur terbaru ini.

Share
×
tekid
back to top