sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Senin, 11 Okt 2021 20:10 WIB

Dukung UMKM Jabar, Tokopedia hadirkan Festival Fashion Lokal Jabar

Tokopedia berkolaborasi dengan Dekranasda Jabar meluncurkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat. Festival ini merupakan turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Dukung UMKM Jabar, Tokopedia hadirkan Festival Fashion Lokal Jabar

Tokopedia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat lewat Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat (Dekranasda Jabar) meluncurkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat. Festival ini merupakan turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

“Festival ini adalah turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia. Kami berharap produk lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat dan UMKM - termasuk yang bergerak di industri fesyen - bisa meraja di negeri sendiri,” kata Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo.

Berdasarkan data internal Tokopedia, Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang mengalami peningkatan pesat dari sisi jumlah penjual. Di sisi lain, terjadi peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat di Jawa Barat selama kuartal III 2021 dibanding kuartal III 2020.

“Kategori Fashion adalah salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III 2021 di Jawa Barat. Animo tinggi dari masyarakat inilah yang melatarbelakangi kehadiran Festival Fashion Lokal Jawa Barat,” ujarnya.

Festival Fashion Lokal Jawa Barat diikuti oleh banyak UMKM Jabar, termasuk Nayara, Ame Raincoat dan Gonegani. Hingga 28 Oktober 2021, masyarakat bisa mendapat produk fesyen terkurasi buatan UMKM Jabar dengan beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, flash sale dan lainnya.

Nayara adalah UMKM fesyen wanita yang berawal dari penjualan offline, mulai dari ritel hingga pameran, namun pandemi sangat berdampak pada usaha ini. 

“Tokopedia menjadi harapan bagi Nayara untuk mempertahankan penjualan di tengah pandemi. Sejak rutin mengikuti kampanye di Tokopedia, kami mampu menjual ratusan produk setiap bulan. Omzet bulanan pun kembali mencapai puluhan juta,” ujar Adrina.

Sementara itu, Ame Raincoat merupakan merk jas hujan dengan material 100% lokal. Gonegani sendiri adalah brand fesyen muslim lokal yang sudah dikenal di Indonesia. Beberapa UMKM ini turut terdampak pandemi, namun memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. 

Share
×
tekid
back to top