sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 08 Sep 2020 22:15 WIB

Tokopedia dan ASPPUK dukung ribuan UMKM go digital

Tokopedia, Coca Cola Foundation dan ASPPUK membentuk program ‘Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif’ bagi pelaku usaha khususnya perempuan dan difabel di Indonesia.

Tokopedia dan ASPPUK dukung ribuan UMKM go digital

Pandemi Covid-19 cukup menghambat perekonomian di berbagai negara termasuk di Indonesia. Penurunan ekonomi yang begitu signifikan sangat berdampak terhadap berbagai sektor termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Survei Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) di sisi lain menyatakan sekitar 70% UMKM terpaksa menghentikan kegiatan produksi sejak pandemi berlangsung. 

Oleh karena itu Tokopedia, Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI), dan Asosiasi Perempuan Pengusaha Usaha Kecil (ASPPUK) membentuk program ‘Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif’ bagi pelaku usaha khususnya perempuan di Indonesia dan difabel untuk meningkatkan kreativitas serta produktivitas melalui e-commerce. Program Pemberdayaan UMKM ‘Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif’ sudah dijalankan sejak Desember 2019, dengan dilakukan assessment dan pengorganisasian para perempuan pengusaha mikro di tahap awal.

Program Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif sudah cukup banyak memberikan kontribusi dalam meningkatkan usaha serta membantu pelaku UMKM. Program ini sendiri diselenggarakan dengan proses yang cukup mudah dalam membantu masyarakat yang ingin membuka usaha melalui e-commerce Tokopedia. 

Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia menjelaskan sampai saat ini dampak positif program tersebut adalah adanya kontribusi penambahan hampir 9 juta penjual di Tokopedia. Bahkan 94% penjual di Tokopedia berskala ultra mikro, sehingga hal ini menjadi motivasi bagi pegiat-pegiat usaha lainnya untuk terus meningkatkan usahanya menjadi lebih berkembang. 

Program Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatifi menargetkan 2.140 UMKM di tiga daerah di Indonesia yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Pelaku usaha yang mengikuti program ini akan diberikan edukasi tentang cara berbisnis online hingga bagaimana mengembangkan bisnis. Selama program berjalan, pendampingan akan dilakukan secara lebih intensif, oleh tim ASPPUK secara offline dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Coca Cola Foundation Indonesia menyiapkan dana sekitar Rp1 miliar guna membantu mereka yang ingin berkomitmen menjalankan usaha melalui program Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif. “Kami berharap program ini dapat dijalankan kurang lebih selama satu tahun dan dengan menargetkan 2500 pegiat usaha diantaranya ada 75 orang difabel wanita secara spesifik yang akan diajak dalam program ini,” kata Triyono Prijosoesilo, Direktur Public Affairs, Communications, and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia.

Tiga di antara pelaku UMKM yang telah mengikuti program ini menyatakan usahanya berkembang utamanya di saat pandemi. DI antara pelaku UMKM tersebut yaitu Yomi Windi Asni yang membuka usaha olahan minyak jelantah menjadi sabun cuci ramah lingkungan, Rofitasari Rahayu difabel yang menjual produk asli Indonesia yaitu Kerajinan Wayang Sodo, serta Suyatmi pemilik usaha Aulya Lurik. 

Share
×
tekid
back to top