sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
Senin, 13 Jul 2020 19:49 WIB

Telkomsel pastikan data pelanggan aman

Telkomsel memastikan data pribadi pelanggan yang ada di sistem internal perusahaan aman dan terjaga kerahasiaannya.

Telkomsel pastikan data pelanggan aman
Source: Tek.id

Insiden kebocoran data Denny Siregar yang mencatutkan nama Telkomsel, masih bergulir di meja hijau. Telkomsel sendiri menyikapi insiden ini dengan serius dan terbuka atas adanya keresahan di tengah masyarakat yang belakangan ini berkembang mengenai keamanan data pelanggan.

Tindak lanjut dari proses ini pun dilakukan secara terbuka oleh operator telekomunikasi tersebut. Belum lama ini Telkomsel menindak lanjut kebocoran data Denny Siregar ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

"Mengetahui adanya keresahan yang sedang berkembang, sejak awal kami langsung mengambil sikap dan tindakan tegas dengan melakukan proses investigasi secara internal dan menindaklanjuti temuan yang ada dengan proses hukum melalui laporan resmi yang telah kami ajukan kepada aparat penegak hukum, agar dapat ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan penindakan hukum dan konstitusi yang berlaku," kata Direktur Utama Telkomsel - Setyanto Hantoro di Jakarta (13/7).

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, kebocoran data yang menimpa Denny Siregar dilakukan oleh karyawan outsourching bagian layanan pelanggan (customer care) GraPARI Telkomsel Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Tersangka berinisial FPH melakukan akses secara ilegal dengan membagikan data pribadi pelanggan Telkomsel kepada orang lain.

Sementara itu Telkomsel memastikan data pribadi pelanggan yang ada di sistem internal perusahaan aman dan terjaga kerahasiaannya. Hal ini karena perusahaan rutin menjalankan protokol keamanan data pelanggan baik secara teknis maupun dalam hal standar yang diterapkan secara internal.

"Telkomsel ingin memastikan dan menjamin bahwa kami melindungi data yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman. Dan kita selalu konsisten dalam menjalankan protokol untuk melindungi data pelanggan baik secara teknis maupun secara SOP. Ada prosedur standar operasional tersertifikasi yang sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku (di) Indonesia maupun internasional secara ITU," kata Setyanto.

Terkait kewenangan akses data pelanggan dalam operasional pelayanan di berbagai pusat layanan pelanggan Telkomsel, seperti GraPARI, Call Center, maupun yang berbasis digital dan virtual lainnya, Telkomsel menyebut petugas customer service yang telah ditunjuk untuk melayani pelanggan secara langsung memang memiliki akses terhadap sejumlah sistem data pelanggan secara terbatas. Kewenangan akses terhadap data pelanggan oleh petugas customer service juga ditujukan untuk membantu proses keamanan validasi dalam fungsi melindungi pelanggan dan pemenuhan layanan kepada pelanggan.

Guna menjamin keamanan data pelanggan dan agar insiden serupa tidak terulang kedepannya, Telkomsel telah melakukan evaluasi dan mengambil tindakan tegas sesuai aturan internal perusahaan melalui penerapan sanksi sesuai ketentuan baik secara administrasi hingga tindak lanjut proses hukum. Telkomsel menyatakan akan terus melakukan penyempurnaan dan perbaikan serta pengembangan sistem operasional kerja secara menyeluruh, mulai dari sistem perlindungan dan keamanan data pelanggan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada, hingga pengetatan prosedur kewenangan akses ke seluruh sistem operasional dan pemilihan petugas layanan yang lebih berkualitas, baik secara kompetensi maupun perilaku dan integritas sumber daya manusianya. 

Share
back to top