sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Rabu, 20 Des 2023 16:11 WIB

Ini dia pengalaman jaringan seluler terbaru Indonesia menurut Opensignal

Perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali merilis artikel analisis terbaru berjudul "Laporan Pengalaman Jaringan Seluler, Desember 2023".

Ini dia pengalaman jaringan seluler terbaru Indonesia menurut Opensignal

Perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel, Opensignal, baru-baru ini merilis laporan terbarunya untuk wilayah Indonesia. Riset perusahaan tersebut membandingkan pengalaman jaringan seluler dari operator ternama Tanah Air seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Smartfren. Berikut adalah beberapa temuan terbaru Opensignal mengenai kualitas jaringan seluler di Indonesia.

Telkomsel tetap unggul dalam kecepatan unduh/unggah

Seiring dengan peningkatan kecepatan seluler secara keseluruhan, Telkomsel kembali meraih penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah. Pengguna jaringan Telkomsel yang disurvei oleh Opensignal merasakan kecepatan unduh rata-rata 26,1Mbps – 3,3Mbps lebih cepat dari pengguna XL yang berada di posisi kedua.

Demikian juga dengan pengguna Telkomsel yang merasakan kecepatan unggah rata-rata tercepat 11,1Mbps, diikuti oleh pengguna Tri dengan 9,7Mbps. Kecepatan seluler di Indonesia telah meningkat signifikan secara keseluruhan, di mana pengguna mencatat kecepatan unduh 7,5-21,4% lebih cepat dan kecepatan unggah 11,2-23% lebih cepat , tergantung pada operator pilihan mereka.

Indosat unggul dalam Kualitas Konsisten

Indosat memenangkan Kualitas Konsisten untuk kedua kalinya berturut-turut, kali ini dengan skor 64,8%, mengungguli Telkomsel (61,7%) dan Tri (61,3%). XL terpaut di belakang dengan skor 58,7%, sementara Smartfren berada di posisi terakhir dengan skor 38,4%.

Hal ini menunjukkan bahwa pengguna Indosat terus mendapat proporsi pengujian terbanyak yang memenuhi ambang batas minimum untuk mendukung aplikasi seluler yang lebih umum digunakan, seperti panggilan video atau mengunggah gambar ke media sosial.

Telkomsel berikan pengalaman VOD dan live terbaik

Pengguna Telkomsel merasakan kualitas pengalaman terbaik saat memutar video on-demand (VOD) dan video live melalui koneksi seluler di Indonesia. Hasilnya, Telkomsel menjadi pemenang langsung untuk penghargaan Pengalaman Video dan Video Live dengan skor 61,4 dan 57,7 poin dari skala 100 poin.

Di kedua kategori tersebut, Tri hampir menantang posisi teratas Telkomsel, menempati posisi kedua dengan skor yang sedikit lebih rendah – 61 poin untuk Pengalaman Video dan 56,1 untuk Pengalaman Video Live.

XL masih pegang penghargaan Pengalaman Game

Kualitas pengalaman bermain game multiplayer seluler telah meningkat di kelima jaringan Indonesia sejak laporan terakhir. Pengguna Indosat dan Tri yang disurvei mengalami peningkatan terbesar, masing-masing 8,8 dan 8,2 poin (pada skala 0-100), diikuti oleh Telkomsel (7,1 poin) dan Smartfren (6,2 poin).

Pengguna XL mengalami peningkatan sebesar 5,9 poin, sehingga XL sekali lagi meraih penghargaan Pengalaman Game, kali ini dengan skor 79 poin, namun keunggulannya atas Tri sebagai peringkat kedua telah menyusut dari 2,5 menjadi hanya 0,3 poin. Selain itu, Pengalaman Game di Indosat, Tri, Telkomsel, dan XL mendapat peringkat Baik (75-85) – naik dari peringkat Cukup (65-75) yang didapatkan sebelumnya – sementara Smartfren kurang 1,2 poin dari peringkat tersebut dengan skor 73,8 poin.

Tri di posisi puncak untuk Pengalaman App Suara

Pengguna Tri di Indonesia terus mendapatkan kualitas pengalaman terbaik secara keseluruhan saat menggunakan app suara over-the-top - seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger – Bersama Tri. Bahkan, Tri menjadi satu-satunya operator di Indonesia yang berhasil meraih peringkat Baik (80-87) untuk Pengalaman App Suara kali ini, dengan skor 80,2 poin (dari skala 0-100).

Telkomsel di posisi teratas untuk Pengalaman Cakupan

Telkomsel merupakan operator pertama di Indonesia yang meraih penghargaan Pengalaman Cakupan yang baru dari Opensignal. Telkomsel meraihnya dengan skor 8,54 pada skala 10 poin - unggul jauh sebesar 3,78 poin dari Indosat dan Tri yang meraih skor 4,76 poin.

XL menyusul dengan 4,48 poin, sementara Smartfren berada di posisi terakhir dengan 2,18 poin. Metrik Pengalaman Cakupan yang baru dari Opensignal mewakili pengalaman dunia nyata yang diterima pengguna saat mereka melakukan perjalanan di sekitar wilayah yang umumnya mereka harapkan akan mendapatkan cakupan.

Share
×
tekid
back to top