sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 27 Mei 2021 08:23 WIB

Tak berikan bintang 5, aplikasi ini tolak dibuka

Salah satu aplikasi iOS ditemukan menolak untuk dibuka apabila tidak diberikan peringkat bintang 5 di App Store.

Tak berikan bintang 5, aplikasi ini tolak dibuka

Salah satu cara untuk memeriksa seberapa bagus sebuah aplikasi adalah dengan melihat peringkat dan ulasannya di toko aplikasi. Namun, tampaknya cara ini sudah tidak efektif lagi di toko aplikasi iOS, App Store

Dilansir dari Ubergizmo (27/5), aplikasi iOS menolak untuk dibuka apabila belum menerima peringkat bintang 5. Hal ini ditemukan oleh pengembang Kosta Eleftheriou yang sebelumnya secara aktif mengungkap beberapa kekurangan dan masalah pada App Store Apple.

Eleftheriou membagikan video yang menunjukkan halaman rating suatu aplikasi di App Store yang tidak bisa berfungsi, sampai peringkat 5 diberikan. Ia tidak bisa mengklik peringkat bintang 1-4 atau bahkan memilih Cancel. 

Menurutnya, hal ini dapat dilakukan dengan mudah oleh pengembang aplikasi. Mereka dapat menolak beroperasi apabila tidak diberikan ulasan baik. Dengan demikian, praktik ini dapat berdampak negatif pada kepercayaan orang-orang terhadap ulasan dan peringkat bintang yang ada di App Store. 

“Jika Anda merasa dapat memercayai peringkat App Store, Anda belum memberikan perhatian yang cukup. Ini adalah peringkat sistem iOS, bukan kustom yang mirip. Bagian terburuknya? Trik ini sangat mudah dilakukan oleh pengembang manapun, dan tidak terbatas pada aplikasi ini,” kata Eleftheriou pada cuitan yang terpisah.

Tentu saja, kita berharap tidak semua pengembang melakukan cara ini, untuk menjaga reputasi mereka dan mencegah aplikasi diblokir. Namun, bagi pengembang yang membuat pengguna sering menonton iklan atau mengklik tautan, mungkin tidak akan peduli dengan hal tersebut dan kemungkinan besar menggunakan trik ulasan yang berkesan memaksa ini.

Di samping itu, tidak diketahui apakah Apple mengetahui masalah itu. Akan tetapi, semoga saja Apple sudah melakukan sesuatu untuk menindaklanjuti pengembang yang curang.

Share
×
tekid
back to top