sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 19 Mei 2022 09:50 WIB

Sony targetkan pabrik bebas emisi karbon pada 2030

Ini dilakukan sebagai langkah atas risiko perubahan iklim yang semakin serius di seluruh belahan dunia.

Sony targetkan pabrik bebas emisi karbon pada 2030

Raksasa teknologi asal Jepang, Sony mengumumkan akan menciptakan netralitas karbon dalam satu dekade ke depan. Perusahaan juga menargetkan emisi 0% di seluruh lini bisnisnya pada tahun 2040, sebagai langkah atas risiko perubahan iklim yang semakin serius di seluruh belahan dunia.

“Transisi ke masyarakat tanpa karbon telah menjadi masalah yang mendesak,” kata Sony dikutip dari Japan Today (19/5).

Sony mengatakan akan membuat pabriknya bebas emisi karbon pada 2030 mendatang. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan berencana untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan dan melakukan penghematan energi.

Meski demikian, niat Sony untuk menangani perubahan iklim tidak didukung oleh Eri Watanabe, juru kampanye keuangan senior Japanese climate group 350.org. Menurutnya, ini akan mendorong perusahaan lain untuk meningkatkan target iklim mereka dan mengandalkan teknologi yang belum terbukti dapat mengurangi karbon.

“(Pengumuman Sony) adalah sinyal positif bahwa perusahaan serius menangani perubahan iklim. (Tetapi, metode penghapusan ini) tidak terbukti, dan (tidak pasti) apakah itu dapat berkontribusi pada jalur dekarbonisasi", kata Watanabe.

Untuk diketahui, pakar iklim PBB mengatakan umat manusia memiliki waktu kurang dari 3 tahun untuk menghentikan kenaikan emisi karbon yang memanaskan planet, dan kurang dari satu dekade untuk memangkasnya sehingga dapat membatasi pemanasan global pada target 1,5 derajat Celcius.

Jepang, yang sangat bergantung pada bahan bakar fosil impor, bertujuan untuk menjadi negara yang netral karbon pada tahun 2050. Negara ini adalah penghasil karbon terbesar keenam di dunia jika UE dihitung sebagai satu blok, menurut data Komisi Eropa.

Tag
Share
×
tekid
back to top