sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
Senin, 05 Jul 2021 15:11 WIB

Snapdragon 895 bakal rilis akhir 2021

Kabar terbaru menyebutkan Qualcomm tengah mengerjakan prosesor generasi berikutnya dari seri Snapdragon 800.

Snapdragon 895 bakal rilis akhir 2021

Prosesor smartphone dengan spesifikasi tertinggi dari Qualcomm yang kini banyak beredar di pasaran adalah Snapdragon 888. Meski seri tersebut adalah yang terbaru di pasaran, sudah berhembus kabar jika prosesor seri Snapdragon 800 generasi berikutnya akan tersedia pada akhir tahun ini.

Dilansir Gizmochina (5/7), kabar terbaru menyebutkan Qualcomm tengah mengerjakan prosesor generasi berikutnya dari seri Snapdragon 800. Informasi ini juga mengonfirmasi kalau prosesor terbaru itu akan disebut dengan Snapdragon 895. Padahal belum lama dari munculnya kabar ini, Qualcomm baru meluncurkan prosesor terbaru yakni Snapdragon 888+ di Mobile World Congress. Namun, seorang leaker asal Tiongkok yang andal, Ice Universe, mengklaim telah menemukan beberapa detail informasi tentang prosesor yang akan datang setelahnya.

Prosesor terbaru dari seri snapdragon 800 yang biasa digunakan smartphone flagship itu, dikabarkan Ice Universe akan hadir dalam dua varian, yaitu 895 dan 895+. Ia mengungkapkan Snapdragon 895 dan 895+ akan menjadi prosesor dengan proses fabrikasi 4nm yang paling baru dan mutakhir. Selain itu, Snapdragon 895 dilaporkan kalau memiliki nomor seri SM8450. Ini juga akan memiliki CPU Kryo 760, GPU Adreno 730, Spectra 680 ISP, dan modem Snapdragon X65 5G terintegrasi.

Informasi ini tentu sangat menarik, mengingat ini menunjukkan Qualcomm tidak membutuhkan waktu lama untuk pindah ke ukuran node yang lebih kecil pada prosesor besutannya. Meski demikian, itu tidak berarti Qualcomm tidak akan lagi membuat prosesor 5nm.

Selain itu, Ice Universe mengabarkan jika Qualcomm dalam memproduksi prosesor terbarunya itu akan menggandeng dua perusahaan kawakan. Pertama, Samsung yang diinformasikan telah menandatangani kontrak dengan Qualcomm untuk memproduksi Snapdragon 895 yang kemungkinan hadir akhir tahun ini.

Sementara yang kedua, untuk Snapdragon 895+ yang dikabarkan akan hadir pada pertengahan 2022 akan dikerjakan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Jika benar akan diproduksi oleh dua perusahaan berbeda, ini mungkin dapat menyiratkan variasi potensial yang menarik dalam struktur serta fungsi, antara Snapdragon 895 dan 895+.

Share
×
tekid
back to top