sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 21 Apr 2021 08:48 WIB

Setelah AirTag rilis, CEO Tile gugat Apple

CEO Tile CJ Prober mengajukan permohonan penyelidikan kepada Kongres AS untuk melihat lebih lanjut praktik bisnis Apple yang dapat merugikan aplikasi pihak ketiga.

Setelah AirTag rilis, CEO Tile gugat Apple
Source: Pocket-Lint

Jauh sebelum Apple AirTag dan Samsung SmartTag dibuat, pelacak pintar sudah lebih dulu dibesut oleh perusahaan bernama Tile. Mengingat perangkat ini beroperasi dengan dukungan aplikasi, CEO Tile membuat pernyataan sesaat setelah AirTag diluncurkan. Ia mengajukan permohonan penyelidikan kepada Kongres Amerika Serikat (AS) terkait masalah antitrust Apple.

“Kami menyambut baik persaingan, selama itu persaingan yang sehat. Sayangnya, mengingat sejarah Apple yang terdokumentasi dengan baik dalam menggunakan keunggulan platform-nya untuk membatasi persaingan secara tidak adil untuk produknya, kami skeptis,” kata CEO Tile CJ Prober dalam sebuah pernyataan, dikutip dari TechCrunch.

“Dan mengingat sejarah kami sebelumnya dengan Apple, menurut kami sangat tepat bagi Kongres untuk melihat lebih dekat praktik bisnis Apple secara spesifik untuk masuk ke dalam kategori ini. Kami menyambut baik kesempatan untuk membahas masalah ini lebih lanjut di depan Kongres besok.”

Prober dijadwalkan untuk bersaksi di depan Kongres AS pada Rabu, 21 April, bersama perusahaan lain, seperti Spotify dan Match untuk membahas kebijakan aplikasi Google dan Apple. Ketiganya adalah bagian dari Koalisi Keadilan Aplikasi (CAF) yang sangat kritis terhadap apa yang mereka sebut kebijakan antimonopoli di masing-masing toko aplikasi Google dan Apple.

Anggota CAF lainnya yang juga mengajukan tuntutan terhadap Google dan Apple atas kebijakan toko aplikasi adalah Epic Games. Saat ini, gugatan sedang mengenai apakah toko aplikasi lain diizinkan pada produk Apple.

Apple diketahui sudah mengambil hingga 30% potongan pendapatan aplikasi seluruh anggota CAF, termasuk Tile, sebagai persyaratan untuk diunduh di App Store. Maka dari itu, mereka berbondong-bondong menentang kebijakan Apple.

Share
×
tekid
back to top