sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
Kamis, 09 Apr 2020 11:51 WIB

Selain Zoom, ini 6 aplikasi video conference untuk meeting online

Terkait isu keamanan yang menimpa salah satu aplikasi yang cukup populer Zoom, kami punya beberapa pilihan aplikasi video teleconference favorit.

Selain Zoom, ini 6 aplikasi video conference untuk meeting online

Sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus corona di Tanah Air, pemerintah mengeluarkan imbauan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Pemerintah Indonesia meminta masyarakat untuk mulai bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Sejak imbauan diberlakukan, beberapa sektor seperti pendidikan dan pekerja kantoran menyesuaikan aktivitas harian dengan mengubah cara berkomunikasi dan proses belajar mereka. Menggunakan aplikasi-aplikasi telekonferensi bisa menjadi cara untuk tetap terhubung dengan orang-orang. Namun, muncul isu keamanan pada salah satu aplikasi telekonferensi yang cukup populer, Zoom. sampai beberapa negara melarang untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Jangan khawatir, selain Zoom banyak aplikasi video telekonferensi lainnya. Untuk itu, kami telah merangkum 5 aplikasi telekonferensi lain yang bisa Anda gunakan. 

1. Google Duo 

Duo menjadi apikasi besutan Google, yang sudah hadir sejak tahun 2016 silam. Aplikasi ini bisa diakses melalui tablet, website, Android, dan iOS. Google Duo memungkinkan pengguna melakukan video call secara pribadi atau grup yang maksimal hingga 12 partisipan. Oh iya, pengguna juga bisa meninggalkan pesan video jika orang lain tidak menjawab telepon kita.

2. Skype 

Skype menjadi aplikasi besutan Microsoft, yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan berbasis suara dan video. Diketahui aplikasi ini memungkinkan hingga 25 orang dalam sekali panggilan dan memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan grup. Selain dari smartphone, Skype juga bisa diakses dari beragam perangkat, termasuk PC hingga TV.

3. Google Hangouts

Aplikasi besutan Google ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan chatting, percakapan video, dan percakapan suara. Oh iya, aplikasi ini juga terintegrasi dengan Google+ dan Gmail. Diketahui Google Hangouts bisa digunakan dalam berbagai perangkat, termasuk PC, website, Android, dan iOS. 

4. Cisco Webex

Cisco Webex juga bisa menjadi pilihan sebagai aplikasi telekonferensi. Diketahui aplikasi ini bisa menampung hingga 100 partisipan dalam sekali percakapan, yang akan dikenakan biaya berlangganan premium. Seperti Zoom, Cisco Webex juga memungkinkan para penggunanya untuk melakukan screen sharing atau berbagi layar kepada peserta lain. 

5. Lifesize 

Aplikasi Lifesize memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video secara gratis, hingga 25 peserta yang tidak memerlukan unduhan atau pemasangan. Lifesize juga telah terintegrasi dengan Microsoft, dan memungkinkan sistem ruang konferensi video 4K dengan langganan berbayar. 

6. Microsoft Teams

Aplikasi milik Microsoft ini juga menawarkan layanan panggilan video telekonferensi dengan beberapa orang. Jumlah peserta yang bisa ditampung dalam sebuah sesi rapat tidak main-main, hingga 10.000 peserta. Keunggulan lainnya adalah tak perlu lagi menjelajahi folder untuk menemukan file yang akan dikerjakan. Di Teams, Anda dapat mengakses, berbagi, dan mengedit file dokumen Word, PowerPoint, dan Excel secara real-time

Share
back to top