Samsung mulai produksi SSD 1TB untuk konsumen

Samsung mengumumkan SSD berkapasitas tinggi yang mulai diproduksi secara massal untuk pengguna mainstream

Samsung mulai produksi SSD 1TB untuk konsumen

Samsung mengumumkan SSD berkapasitas tinggi yang mulai diproduksi secara massal. Disebut QLC 4-bit, perangkat ini merupakan SSD pertama untuk konsumen yang bisa memiliki kapasitas tinggi serta harga yang lebih murah.

"SSD SATA 4-bit terbaru dari Samsung akan menjadi langkah besar kehadiran SSD berkapasitas terabyte bagi konsumen. Seiring kami memperluas jajaran produk kami di segmen konsumen dan perusahaan, terabyte-SSD 4-bit akan menyebar dengan cepat ke seluruh pasar,” kata Jaesoo Han, Executive VP of Memory Sales and Marketing di Samsung.

Media penyimpanan eksternal Samsung ini didasarkan pada V-NAND 64-layer perusahaan seperti yang digunakan dalam flash TCL-nya, yang menyimpan tiga bit per cell. Dengan peningkatan cell itu, kinerja dan kecepatan SSD ini diperkirakan akan berkurang.

Namun demikian Samsung menyebut QLC SSD 4-bit mendatang menawarkan kinerja yang sama dengan SSD 3-bit. Hal ini menjadi mungkin dengan menggunakan controller SSD 3-bit dan teknologi TurboWrite.

Samsung menyatakan SSD 4-bit ini memiliki kecepatan baca 540MB per detik dan kecepatan tulis 520MB per detik. Sayangnya raksasa teknologi itu tak menyebutkan kecepatan baca dan tulis secara acak (random write/read speed) atau ketahanan perangkat itu.

Samsung juga menyatakan perangkat itu akan tersedia dalam kapasitas 1TB, 2TB, dan 4TB. Belum jelas kapan drive ini akan diluncurkan beserta harga yang ditetapkan perusahaan. Selain SSD, Samsung mengatakan tengah bekerja pada kartu memori 128GB yang ditujukan untuk smartphone. Demikian dilansir Techspot (8/8).
 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: