sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
Selasa, 19 Mei 2020 19:09 WIB

Samsung ISOCELL GN1 tawarkan autofokus cepat

Samsung baru saja umumkan sensor baru ISOCELL GN1 50MP. Sensor ini diklaim memiliki autofokus cepat karena mengandalkan 100 juta titik fokus PDAF.

Samsung ISOCELL GN1 tawarkan autofokus cepat

Samsung baru saja mengumumkan sensor 50MP terbarunya, yakni Samsung ISOCELL GN1. Ini merupakan sensor pertama dari perusahaan asal Korea Selatan itu yang memiliki teknologi Dual Pixel dan Tetracell. Dengan kedua teknologi ini, tampaknya Samsung memprioritaskan gambar resolusi tinggi dan autofokus cepat untuk pengguna smartphone

Samsung ISOCELL GN1 memiliki ukuran 1/1.31 inci. Sensor ini menawarkan ukuran pixel sebesar 1.2μm. Setidaknya terdapat 100 juta piksel PDAF (Phase Detection Auto Focus). Sebagaimana sudah disebutkan, sensor ini memiliki teknologi Tetracell yang menggabungkan 4 piksel menjadi satu. Sementara teknologi ISOCELL Plus diklaim akan dapat memproduksi gambar dengan lebih detail.

Selain itu, ada pula Smart ISO. ini merupakan fitur yang mampu mengurangi noise dan meningkatkan hasil gambar yang diambil. Fitur lainnya, antara lain Real-time HDR, penstabil gambar berbasis gyro, perekaman 8K/30fps dan video 400fps dengan resolusi 1080p tanpa autofokus serta video 240fps dengan dukungan autofokus. 

Dilansir dari Gizmochina (19/5), sensor ini mampu memproduksi gambar hingga resolusi 100MP. Caranya adalah dengan mengandalkan Dual Pixel. Samsung mengatakan bahwa teknologi ini akan menempatkan 2 fotodioda bersebelahan di antara satu pixel yang dapat menerima cahaya dari berbagai sudut untuk phase detection

Kemudian, dengan piksel aktif yang bekerja sebagai titik fokus, sensor akan dapat mendeteksi dan fokus pada objek yang diinginkan. Hal ini berlaku baik untuk objek diam dan bergerak. Tidak hanya itu, deteksi fokus juga dapat dilakukan secara instan bahkan di kondisi pencahayaan yang minim. 

Sensor ini kabarnya akan menjadi pesaing dari Sony IMX689 48MP. Sensor buatan Sony itu sampai saat ini sudah digunakan pada beberapa flagship yang ada, seperti OnePlus 8 Pro dan Oppo Find X2 Pro. Kemungkinan besar, Samsung akan menggunakan sensor ini untuk seri Note yang dijadwalkan meluncur tahun ini. 

Share
×
img
×
tekid
back to top