Samsung ikut andil di R&D jaringan 6G

Samsung sendiri berperan menyediakan solusi 5G end-to-end mulai dari modem dan chipset hingga smartphone.

Samsung ikut andil di R&D jaringan 6G (Foto: Fossybytes)

Samsung Electronics dan SK Telecom sepakat bekerja sama meningkatkan kinerja jaringan 5G komersial. Keduanya juga akan bekerja sama mengembangkan teknologi yang terkait dengan 6G.

Samsung sendiri berperan menyediakan solusi 5G end-to-end mulai dari modem dan chipset hingga smartphone. Raksasa teknologi Korea Selatan itu juga telah menyediakan peralatan untuk operator seluler terkemuka di negaranya tersebut menuju peluncuran 5G secara komersil.


BACA JUGA

Produksi Galaxy Note 10 tersendat perang dagang Jepang-Korsel

Galaxy Note 10 5G bakal hadirkan tiga konfigurasi penyimpanan

Samsung patenkan kacamata lipat AR


Berhubung SK Telecom (SKT) saat ini tengah membangun BTS tambahan untuk memperluas cakupan jaringan nasional, kedua perusahaan membentuk kemitraan untuk meningkatkan teknologi 5G dan memperluas adopsi di bidang lain. Diantara penerapannya yakni pada mobil otonom dan solusi in-building.

Dilansir Korea Times (18/6), Samsung dan SKT pun sepakat untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi inti 6G. Kedua perusahaan juga akan mengeksplorasi model bisnis baru untuk teknologi seluler generasi mendatang. 

Pekan lalu SKT menandatangani perjanjian dengan Nokia dan Ericsson untuk meningkatkan kolaborasi R&D jaringan 6G. Meski jaringan 5G baru mulai diterapkan dan baru akan dikomersilkan, jaringan 4G LTE saat ini masih tetap menjadi jaringan seluler utama di banyak negara. Jaringan 6G sendiri merupakan bagian dari perlombaan global untuk teknologi masa depan.

Meski masih dalam tahap pengembangan, 6G akan hadir dengan tujuan mengintegrasikan satelit untuk cakupan global guna memberikan kecepatan data yang jauh lebih tinggi. Menurut International Research Journal of Engineering and Technology jaringan 6G juga akan menawarkan kecepatan internet yang lebih ngebut ketimbang 5G. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: