sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Sabtu, 19 Nov 2022 10:32 WIB

Samsung gandeng Google dan AMD untuk produksi chip flagship

Samsung diinformasikan bermitra dengan Google dan AMD untuk membuat prosesor baru untuk ponsel seri Samsung Galaxy mendatang.

Samsung gandeng Google dan AMD untuk produksi chip flagship

Samsung telah membuat chip Google Tensor, dan sekarang tampaknya raksasa teknologi asal Korea Selatan ini telah meningkatkan keterlibatannya dengan Google dan akan berupaya membuat chipset baru untuk ponsel flagship-nya yang akan datang.

Sesuai laporan baru dari tipster Connor, Samsung bekerja sama dengan tim Google Tensor dan tim grafis AMD. Ini dikatakan untuk membuat chipset baru yang akan memberi daya pada ponsel flagship Samsung seri Galaxy S, kemungkinan besar mulai tahun 2025.

Dilansir dari Gizmochina (19/11), chipset tersebut akan terdiri dari dua inti Cortex-X berperforma tinggi, empat inti yang berfokus pada kinerja yang berjalan pada kecepatan clock lebih rendah, dan empat inti hemat energi. Diagram yang dibagikan menunjukkan bahwa GPU AMD akan dimasukkan ke dalam chipset untuk memproses tugas-tugas grafis intens.

Google dan Samsung telah bekerja sama untuk memproduksi chip Google Tensor untuk ponsel seri Pixel. Chip Tensor dan Tensor G2 yang mentenagai ponsel seri Pixel 6 dan Pixel 7 diproduksi oleh Samsung. SoC tersebut pada dasarnya adalah chip Exynos tetapi ditambahkan fitur AI dari tim Google.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa kedua perusahaan itu sudah mulai mengerjakan SoC Google Tensor generasi ketiga, yang akan memulai debutnya dengan ponsel seri Pixel 8 tahun depan. Chip tersebut dilaporkan diberi nama kode “Ripcurrent” dan membawa nomor model S5P9865.

Sebagian besar chip untuk ponsel saat ini diproduksi menggunakan proses 5nm atau 4nm, tetapi karena chipset baru untuk ponsel seri Galaxy S di masa depan ini diperkirakan akan resmi beberapa tahun dari sekarang, chip tersebut kemungkinan diproduksi menggunakan proses 3nm yang lebih canggih, dan ada kemungkinan besar hal itu terjadi mengingat Samsung sudah mulai mengerjakan chip 3nm.

Share
×
tekid
back to top