Samsung ajukan paten fitur baru bernama Space Zoom

Samsung kabarnya mengajukan sebuah paten untuk fitur bernama Space Zoom. Fitur ini akan memberikan kemampuan zoom besar pada Galaxy S11.

Samsung ajukan paten fitur baru bernama Space Zoom Source: Lets Go Digital

Samsung kabarnya baru saja mendaftarkan sebuah paten baru ke EUIPO (European Union Intellectual Property Office). Paten itu menunjukkan sebuah fitur baru yang bernama Space Zoom. Diduga kuat kalau perusahaan asal Korea Selatan ini tengah berupaya mengembangkan sebuah fitur kamera baru untuk digunakan pada flagship mereka, yakni Samsung Galaxy S11. 

Space Zoom merupakan sebuah fitur kamera yang hadir sebagai software untuk memperbesar gambar tanpa harus menurunkan kualitas gambar tersebut. Sebenarnya ini merupakan nama lain dari hybrid zoom. Fungsi ini sebenarnya bukan hal yang baru. Beberapa manufaktur asal Tiongkok sudah menerapkannya pada produk flagship mereka. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Samsung tengah daftarkan Galaxy paling murah

Tips optimal main PUBG di Samsung Galaxy Note 10

Galaxy A51 bakal mirip Galaxy Note 10


Sebut saja Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x Zoom serta yang paling baru adalah Oppo Reno2. Ketiga smartphone itu menggunakan konsep kamera periskop. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan 10x zoom tanpa harus menurunkan kualitas gambar. Terlebih lagi, desain periskop ini digunakan untuk menghindari tonjolan kamera yang besar karena efek zoom yang dihadirkan itu. 

Dilansir dari GizmoChina (8/11), perusahaan asal Korea Selatan itu diduga kuat akan mengintegrasikan Space Zoom untuk Galaxy S11. Tampaknya Samsung juga akan menggunakan desain periskop untuk membuat fitur ini dapat bekerja dengan baik. Sebagaimana diketahui, semenjak pertama muncul di Huawei P30 Pro, fitur ini menjadi semakin populer di dunia. 

Samsung kabarnya akan memperkenalkan Galaxy S11 pada ajang MWC 2020 di Barcelona. Perhelatan pameran teknologi ini dijadwalkan akan berlangsung dari 24-27 Februari 2020 mendatang. 

Sebelum ini, Samsung juga mendaftarkan paten untuk IR Spectrometer. Dalam deskripsinya, infrared dapat digunakan untuk mengetahui kadar gula dalam buah-buahan, kelembaban kulit hingga mengukur kadar CO2 di di udara. Fungsi lainnya adalah mendeteksi asap, menentukan kandungan dalam obat hingga mengukur kesegaran makanan dan kadar gula dalam darah. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: