sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 20 Sep 2023 07:10 WIB

Sah! Intel Meteor Lake resmi diperkenalkan

Intel membawa sejumlah pembaruan untuk jajaran prosesor Meteor Lake, termasuk penggunaan teknologi fabrikasi Intel 4 dan lainnya.

Sah! Intel Meteor Lake resmi diperkenalkan

Setelah mengalami kebocoran dimana-mana, Intel pada akhirnya secara resmi memperkenalkan jajaran prosesor baru mereka, yakni Intel Raptor Lake. Prosesor ini hadir dengan teknologi fabrikasi Intel 4 yang membawa banyak perubahan di sisi arsitektur Intel.

Yang paling menarik adalah jajaran prosesor ini akan dipasarkan sebagai Core Ultra, yang merupakan perubahan besar bagi Intel. Penggunaan teknologi fabrikasi Intel 4 ini merupakan proses Intel pertama berdasarkan EUV, dan platform CPU Klien Intel pertama di mana Intel menggunakan pabrikan lain, yaitu TSMC, untuk membuat bagian-bagian SoC tersebut.

Hal ini sangat dimungkinkan karena Meteor Lake memiliki desain “disaggregated”, tidak seperti pendahulunya yang masih menggunakan desain monolitik. Chipset ini digabungkan menjadi satu melalui proses "Foveros". Intel menyebut komponen yang berbeda sebagai "Tile".

Chipset ini terdiri dari beberapa inti, yang terdiri dari enam inti Redwood cove P dan delapan inti Crestmont E. Redwood Cove dan Crestmont tidak sepenuhnya baru, yang mana merupakan pembaruan dari Raptor Cove dan Gracemont yang dibuat dalam teknologi fabrikasi Intel 4.

Mereka juga mengikuti model tick-tock lama Intel. Pada kesempatan kali ini, Meteor Lake adalah tick (arsitektur lama, proses baru), yang didasarkan pada Alder Lake dan Raptor Lake.

Tujuan utama dari Meteor Lake adalah efisiensi daya dan peningkatan performa. Seperti diketahui, kelemahan utama di Alder Lake dan Raptor Lake adalah efisiensi daya.

Untuk meningkatkan efisiensi, Intel tidak hanya mengandalkan teknologi fabrikasi baru. Mereka juga telah mengubah desain untuk memungkinkan menonaktifkan Compute tile sepenuhnya dalam kondisi yang tepat.

Fitur hemat daya ini dapat dimungkinkan karena Intel telah menempatkan inti prosesor di luar Compute tile untuk pertama kalinya, yang mereka sebut sebagai SoC tile. Dalam tile ini mereka menempatkan dua inti Crestmont tambahan, yaitu "Inti E berdaya rendah". 

Inti berdaya rendah ini dimaksudkan untuk menjalankan tugas latar belakang dan situasi beban rendah, di mana Compute tile dapat dinonaktitkan sementara. Oleh karena itu, penggunaan daya Meteor Lake dalam situasi seperti ini seharusnya jauh lebih rendah dibandingkan Alder Lake atau Raptor Lake.

Bukan hanya di CPU saja, Intel juga melakukan strategi yang sama untuk GPU mereka. Mereka merubah beberapa susunan yang tadinya berdiri sendiri kini akan menjadi satu kesatuan dalam SOC baru.

Untuk melakukan hal ini, Intel harus mendesain ulang koneksi memori secara signifikan agar memungkinkan untuk menonaktifkan semua komponen ini secara terpisah. Selain itu, Intel Thread Director, yang menangani penjadwalan CPU, juga telah didesain ulang sepenuhnya.

Dan berbicara soal GPU, Meteor Lake juga menyertakan pembaruan pertama sejak Tiger Lake tahun 2021. "Graphic tile", yang oleh Intel disebut "Xe LPG",kini  didasarkan pada teknologi Intel ARC. 

Dibandingkan dengan solusi Iris Xe LP sebelumnya, jumlah maksimum Unit Eksekusi (EU) telah ditingkatkan dari 96 menjadi 128. Secara keseluruhan, Intel menjanjikan "Kinerja per Watt" dua kali lebih banyak dibandingkan dengan Tiger Lake, yang ditambah dengan kehadiran delapan Ray tracing units dan dukungan Intel XeSS.

Hal baru lainnya yang akan hadir di Meteor Lake adakah kehadiran mesin Neural/AI (NPU). Bagian chipset ini dimaksudkan untuk membuat komputasi AI pada perangkat menjadi lebih efisien.

Selain itu, Meteor Lake akan mendukung banyak standar baru, termasuk PCIe Gen 5 serta WiFi 7, yang mana Intel telah memperkenalkan modul WiFi BE200 baru.

Sayangnya, hingga saat ini Intel baru mengumumkan kapan Meteor Lake akan hadir. Mereka menyebut prosesor ini baru akan secara resmi diluncurkan pada 14 Desember 2023, dengan tanggal penjualan yang belum pasti.

Share
×
tekid
back to top