sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 26 Jul 2022 12:39 WIB

Tak hanya TSMC, Intel juga akan produksi chipset MediaTek

Intel Corp telah mencapai kesepakatan untuk menjadi pembuat chip MediaTek untuk membantu rantai pasokan yang lebih tangguh.

Tak hanya TSMC, Intel juga akan produksi chipset MediaTek
Flickr

Intel Corp telah mengumumkan kemitraan mereka dengan perusahaan perancang dan penyedia chipset yaitu MediaTek. Berdasarkan kesepakatan yang ada, Intel bakal menjadi pembuat chipset untuk perusahaan asal Taiwan tersebut. 

Melansir Engadget (26/7), Intel dan MediaTek dilaporkan telah membentuk kemitraan strategis untuk memproduksi chipset dengan menggunakan teknologi Intel Foundry Service (IFS). Nantinya, chipset ini bakal dapat digunakan untuk berbagai perangkat smart edge

Kemitraan tersebut bertujuan untuk membantu MediaTek membangun rantai pasokan yang lebih seimbang dan tangguh di seluruh dunia. Ini juga akan menghadirkan kapasitas tambahan untuk wilayah Amerika Serikat dan Eropa. 

Melalui kesepakatan tersebut, ke depannya dimungkinkan lebih banyak perangkat yang menggunakan prosesor dari MediaTek. Pasalnya, rantai pasokan chip akan lebih seimbang dan mudah untuk didapatkan oleh para produsen perangkat elektronik.

MediaTek sendiri adalah pembuat chip fabless yang memasok prosesor untuk berbagai merek smartphone seperti Samsung, OnePlus dan sebagainya. Sedangkan untuk kapasitas rantai pasoknya, saat ini sebagian besar ditangani oleh TSMC. 

Intel telah meluncurkan IFS pada tahun lalu sebagai salah satu strateginya dalam memanfaatkan lonjakan permintaan manufaktur semikonduktor. Perusahaan kemudian membuka bisnis manufakturnya ini untuk perusahaan lain dan menjadikan MediaTek sebagai salah satu mitra utama yang pertama bergabung. 

Dalam kerja sama tersebut, Intel tampaknya akan membuat chip pada perangkat yang digunakan untuk komputasi industri, perangkat medis, aplikasi internet-of-things, dan banyak lagi. Selain itu, sekarang Intel juga dikabarkan tengah berkolaborasi dengan MediaTek untuk memproduksi chipset yang digunakan dalam bisnis kartu data 5G.

Share
×
tekid
back to top