sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Rabu, 13 Sep 2023 10:19 WIB

Intel resmi kenalkan Thunderbolt 5, bisa dukung beberapa layar 8K sekaligus

Thunderbolt 5 mampu memberi daya pada beberapa monitor dengan layar beresolusi 8K untuk para kreator konten.

Intel resmi kenalkan Thunderbolt 5, bisa dukung beberapa layar 8K sekaligus

Intel secara resmi memperkenalkan versi generasi berikutnya dari standar transfer data dan layar, Thunderbolt. Teknologi Thunderbolt 5 baru menjanjikan peningkatan besar dalam kecepatan dan kapasitas dibandingkan dengan pendahulunya, Thunderbolt 4.

Dilansir dari Neowin (13/9), Thunderbolt 5 mampu memberi daya pada beberapa monitor beresolusi 8K untuk para kreator konten. Ini juga dapat menangani monitor dengan kecepatan refresh hingga 540Hz yang biasa digunakan untuk gaming kelas ataas.

Bagi yang ingin menggunakan Thunderbolt 5 untuk menyambungkan perangkat eksternal, Intel mengatakan teknologi ini akan menawarkan bandwidth dua kali lipat, dibandingkan dengan standar Thunderbolt 4 saat ini, untuk produk seperti SSD eksternal dan juga untuk GPU eksternal. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak notebook mendapatkan akses ke kartu grafis desktop terbaru.

Bicara soal notebook, Intel mengatakan akan memungkinkan banyak laptop hanya memiliki satu kabel yang dapat menangani kemampuan pengisian daya dan layar, sehingga menghilangkan kebutuhan akan kabel kedua.

Di samping itu, perusahaan juga mengatkaan bahwa kecepatan data dua arah normal untuk Thunderbolt 5 adalah 8Gbps. Namun, ini dapat menangani kecepatan bandwidth omni-direction hingga 120Gbps untuk dukungan layar video terbaik.

“Microsoft sangat antusias untuk berkolaborasi erat dengan Intel untuk menghadirkan standar USB4 terbaru bagi pelanggan Windows,” kata Ian LeGrow, wakil presiden perusahaan manajemen produk Core OS di Microsoft Corp. “Thunderbolt 5 sepenuhnya memenuhi standar USB 80Gbps untuk mendukung generasi berikutnya layar, penyimpanan, dan konektivitas berkinerja tinggi.”

Menurut Intel, PC pertama dengan Thunderbolt 5 diperkirakan akan mulai dikirimkan pada tahun 2024.

Share
×
tekid
back to top