sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 28 Apr 2020 16:40 WIB

Rangkul pengusaha mikro, Blibli umumkan fitur Blibli Mitra

Blibli.com mencatat peningkatan pemesanan produk pada kategori Groceries sebanyak tiga kali di bulan Maret.

Rangkul pengusaha mikro, Blibli umumkan fitur Blibli Mitra
Source: Youtube

Di masa pandemi virus corona sekarang ini, marketplace dan e-commerce menjadi satu-satunya alternatif bagi konsumen maupun produsen untuk bertahan hidup. Salah saru ecommerce di Indonesia, Blibli mencatat terdapat peningkatan pemesanan yang drastis di bulan Maret pada kategori Groceries atau di Blibli Mart. Apabila dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya, peningkatan pada Maret lalu terjadi sebanyak tiga kali.

Menurut Fransisca K. Nugraha, Executive Vice President (EVP) of Consumer Good Category Blibli, pergeseran perilaku konsumen telah terjadi di Indonesia. Mereka yang harus berdiam diri di rumah, mau tidak mau harus memenuhi kebutuhannya melalui belanja online.

“Sudah terjadi behaviour shift atau pergeseran dari perilaku konsumen di Indonesia sendiri di mana Saya rasa dari bulan Maret sampai sekarang pastinya jumlah konsumen yang terbiasa atau mulai mecoba untuk berbelanja online seharusnya meningkat karena sudah tidak ada opsi lain. Harus stay di rumah, belanja dari rumah, jadi bagaimana caranya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari beralihlah ke channel lain,” kata Fransisca.

Di masa sulit ini, mikro bisnis lah yang dapat membantu menyeimbangkan perekonomian di Indonesia. Maka dari itu, Blibli memperkenalkan Blibli Mitra pada press conference yang diadakan hari ini (28/4). Blibli Mitra adalah layanan khusus untuk memberdayakan pengusaha mikro yang menjalankan usaha toko kelontong atau warung. Melalui Blibli Mitra, pengusaha warung dapat menawarkan produk digital berupa pulsa, token listrik, pembayaran tagihan (BPJS, air), selain kebutuhan rumah tangga lainnya. Para pengusaha kecil juga dapat membeli barang-barang sebagai stok yang akan dijual kembali di warungnya. Blibli Mitra sendiri sebenarnya sudah ada sejak Desember lalu dan telah mencatat 2.000 transaksi.

Walaupun lebaran tahun ini akan memiliki banyak keterbatasan, namun Blibli tetap menyediakan produk-produk di kategori Lifestyle, termasuk pakaian. Sebanyak 9 brand baru bekerja sama dengan Blibli, dan kini total merek atau brand yang bekerjasama mencapai 20 merek. Di samping itu, Blibli membantu mitra penjual FMCG yang selama ini penjualannya terdampak pandemi dengan menyediakan platform penjualan dan pemasaran bagi FMCG. Hingga saat ini, Blibli telah bekerja sama dengan top brands seperti Unilever, Danone, dan Indomilk dalam melakukan promosi khusus, seperti ongkos kirim gratis.

Ditanya soal operasional pengiriman barang, Blibli mengaku tidak ada yang berubah. Garda depan Blibli masih mengantarkan barang seperti biasa, karena dari segi peraturan PSBB pun jasa pengiriman barang tidak terdampak. Frasisca mengatakan, dengan adanya 20 wearhouse Blibli yang tersebar di penjuru Indonesia, dapat membantu pendistribusian produk dengan mudah.

Share
×
tekid
back to top