Penjualan PC global menyusut lagi 4,3%

IDC juga melaporkan hasil yang sama, dimana perusahaan mencatat pengiriman 68,1 juta unit PC di kuartal terakhir 2018.

Penjualan PC global menyusut lagi 4,3% (Foto: Slashgear)

Pasar PC global kembali melempem pada kuartal keempat 2018. Riset Gartner menunjukkan vendor PC tercatat mengirimkan 68,6 juta komputer pribadi pada kuartal tersebut. Jumlah itu menurun 4,3% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. 

IDC juga melaporkan hasil yang sama, dimana perusahaan mencatat pengiriman 68,1 juta unit PC di kuartal terakhir 2018 tersebut. Dengan begitu, penurunannya mencapai 3,7 persen.


BACA JUGA

Kartu memori format CFexpress, bakal punya ukuran berbeda

Monitor buatan Benq punya fitur yang dicari para desainer

Monitor Philips bisa deteksi keberadaan pengguna


Sebagian besar pasar di dua kuartal sebelumnya memang terpantau statis. Gartner menyebutkan penurunan itu sebagian besar disebabkan oleh kekurangan suku cadang. 

"Tepat ketika permintaan di pasar PC mulai menuai hasil positif, kekurangan CPU menciptakan masalah rantai pasokan... Dampak dari kekurangan CPU memengaruhi kemampuan vendor untuk memenuhi permintaan yang diciptakan oleh upgrade PC bisnis," kata Mikako Kitagawa, analis senior di Gartner.

Selain kurangnya suku cadang, ketidakpastian politik dan ekonnomi juga membebani pasar di antara usaha kecil dan menengah. "Ketegangan ekonomi yang sedang berlangsung antara China dan Amerika Serikat (AS) terus menciptakan ketidakpastian dalam lingkungan bisnis di China," ujar Manajer Riset IDC, Maciek Gornicki.

Di kuartal terakhir 2018, Lenovo menjadi vendor PC teratas dengan mengirimkan 16,6 juta unit PC. Mereka menguasai pangsa pasar sebanyak 24,2 persen. Jumlah tersebut meningkat 5,9% dari periode yang sama di tahun lalu. HP berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 22,4% dan berhasil menorehkan pengiriman 15,3 juta unit PC.

Riset Gartner pengiriman PC global

Posisi ketiga ditempati Dell dengan pangsa pasar 15,9% dan total pengiriman PC 10,9 juta unit. Apple menempati posisi keempat dengan perolehan pangsa pasar 7,2%, menurun 3,8% dari periode yang sama di tahun lalu. Total pengiriman PC-nya mencapai 4,9 juta unit.

IDC mendapati hasil riset yang sama, terkait jumlah pengiriman hingga pangsa pasar. Namun IDC memperkirakan peningkatan di masa mendatang. "Meski tantangan pasokan prosesor diperkirakan akan berlanjut ke dua kuartal pertama 2019, vendor PC cenderung melihat situasi membaik sebelum musim sekolah dimulai pada paruh kedua tahun ini," kata Analis Riset Senior IDC, Neha Mahajan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: