sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Rabu, 05 Okt 2022 12:36 WIB

Meski Elon Musk jadi beli Twitter, investigasi akan tetap berjalan

Pengadilan Delaware baru-baru ini mengabulkan permintaan Twitter untuk menginvestigasi lebih lanjut pesan whistleblower yang mungkin membuat Elon Musk batalkan akuisisi.

Meski Elon Musk jadi beli Twitter, investigasi akan tetap berjalan
Source: Pixabay/Krzzz

Surat yang diajukan oleh pihak Elon Musk kepada Securities and Exchange Commission (SEC) menyatakan akan melanjutkan penawaran Twitter dengan syarat gugatan class action terhadapnya dapat dihentikan. Meski demikian, pertarungan hukum dengan Twitter nyatanya masih berlanjut.

Hal ini sejalan dengan pengadilan yang baru-baru ini mengabulkan permintaan Twitter untuk menginvestigasi lebih lanjut pesan whistleblower yang diduga dikirim oleh mantan kepala keamanan Twitter Peiter "Mudge" Zatko.

Pada 6 Mei lalu, pengacara Musk, Alex Spiro menerima email anonim tidak biasa dari akun ProtonMain. Pengirim mengaku sebagai "mantan eksekutif di tim terkemuka Twitter yang secara langsung melibatkan Kepercayaan & Keamanan / Moderasi Konten" dan menawarkan informasi Musk di Twitter melalui saluran alternatif. Musk akhirnya menghentikan kesepakatan pada pertengahan Mei. 

Meskipun Zatko sudah menempis kabar tersebut, namun Twitter bersikeras untuk mencaritahu lebih lanjut terkait email tersebut. Hakim Kathaleen McCormick setuju dengan Twitter bahwa kesaksian Zatko belum dinilai kredibilitasnya.

Dia mengatakan pernyataan tim Musk yang membenarkan kesaksian Zatko, menimbulkan pertanyaan - seperti apakah mereka telah menyelidiki identitas pengirim. "Waktu dan isi email 6 Mei membuat setidaknya masuk akal bahwa Zatko adalah penulisnya," tulis McCormick. Dia menyetujui "jalan tengah" di mana Twitter dapat meminta dokumen dari sejumlah orang terbatas.

Tim Musk diperintahkan untuk memberikan dokumen tambahan pada Jumat, 7 Oktober ini. Spiro juga akan diminta untuk menjelaskan apa yang dia lakukan setelah menerima email anonim dalam pernyataan tertulis yang harus diajukan pada hari Rabu, 5 Oktober.

Share
×
tekid
back to top