sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Jumat, 01 Nov 2019 16:40 WIB

Pendapatan XL Axiata tumbuh 11%

Pencapaian ini merupakan hasil usaha keras dalam mendorong penggunaan layanan oleh pelanggan melalui upselling layanan data.

Pendapatan XL Axiata tumbuh 11%

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatatkan kinerja keuangan yang terus tumbuh. Hingga September 2019, pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 11% dari tahun ke tahun (YoY), dan selama periode triwulan ketiga naik 3% dari kuartal ke kuartal (QoQ). 

Pencapaian ini merupakan hasil usaha keras dalam mendorong penggunaan layanan oleh pelanggan melalui upselling layanan data yang pada akhirnya mampu meningkatkan ARPU (average revenue per user) blended pada kuartal ini menjadi Rp36 ribu dari Rp34 ribu di kuartal sebelumnya.

“Pendorong utama keberhasilan melakukan upselling pada pelanggan merupakan inisiatif perusahaan dalam menerapkan Customer Value Management yang berbasis analytics dengan memanfaatkan platform Omni Channel. Upaya ini termasuk diantaranya pemanfaatan digital IT dan data analytics untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam menyediakan dan menawarkan layanan yang memang dibutuhkan setiap pelanggan. Kami juga memiliki inisiatif lanjutan yang sedang kami rencanakan untuk dapat meningkatkan dan memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan," kata Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

Dian melanjutkan, kenaikan pendapatan periode ini didorong oleh kenaikan pada pendapatan layanan sebesar 16% YoY dan pendapatan data yang melonjak hingga 30% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Di saat yang sama, perusahaan juga berhasil melakukan efisiensi biaya sehingga mampu meningkatkan EBITDA hingga 19% YoY.

XL Axiata kembali mencatatkan laba bersih yang telah dinormalisasi sebesar Rp 505 miliar di periode 9 bulan tahun ini. Investasi perluasan jaringan data ikut mendorong posisi XL Axiata sebagai brand pilihan pengguna smartphone di Indonesia. Inilah yang kemudian turut meningkatkan penetrasi pengguna smartphone menjadi sekitar 86% atau 47,7 juta dari total pelanggan dan memperbesar kontribusi pendapatan dari layanan data menjadi 88% dari total pendapatan layanan perusahaan.

Jumlah pengguna data pun meningkat menjadi 88% YoY dari total pelanggan, dimana 70% di antaranya menggunakan data 4G. Pencapaian ini mengantarkan perusahaan pada posisi yang lebih kuat dalam menghadapi dampak terus menurunnya pendapatan dari layanan tradisional mencakup telepon dan SMS. Total jumlah pelanggan meningkat menjadi 55,5 juta dari 53,9 juta di periode yang sama tahun sebelumnya.

Perluasan jaringan

XL Axiata terus melanjutkan perluasan dan peningkatan kapasitas jaringan data terutama di luar Jawa. Hasilnya, hingga periode triwulan ketiga 2019, jumlah BTS meningkat hingga total 129 ribu unit. Lebih dari 53 ribu unit di antaranya adalah BTS 3G dan lebih dari 39 ribu BTS merupakan BTS 4G. Layanan 4G dari XL Axiata kini hadir di 410 kota/kabupaten, di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di luar Jawa. Selain itu, fiberisasi juga terus diperluas seiring dengan terus meningkatnya trafik data. 

Total trafik di seluruh jaringan XL Axiata meningkat tajam sebesar 56% YoY selama periode 9 bulan di tahun 2019 ini. Pertumbuhan tinggi ini mayoritas terjadi di layanan data, terutama pada layanan 4G. Sejak perusahaan fokus berinvestasi jaringan di luar Jawa mulai 2016 hingga saat ini, kinerja dari luar Jawa menunjukkan performa yang kuat. Pendapatan dari wilayah luar Jawa juga terus meningkat menggungguli pertumbuhan di Jawa, dan ikut meningkatkan kontribusi pada pendapatan perusahaan.

Share
×
tekid
back to top