sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 27 Jan 2022 09:55 WIB

Pembaruan pertama Windows 11 meluncur Februari, masih dalam tahap beta

CEO Windows Panos Panay mengatakan ini akan menjadi "pratinjau publik", yang berarti fitur-fitur yang ada masih dalam versi beta ketika diluncurkan secara luas bulan depan.

Pembaruan pertama Windows 11 meluncur Februari, masih dalam tahap beta

Microsoft berencana untuk meluncurkan pratinjau publik aplikasi Android untuk Windows 11 Februari mendatang. Peluncuran ini termasuk beberapa peningkatan taskbar, aplikasi Notepad, dan Media Player yang telah didesain ulang.

Rencana pembaruan ini dibagikan oleh CEO Windows, Panos Panay, dalam unggahan blog-nya baru-baru ini. Dia memberikan beberapa bocoran fitur-fitur apa saja yang akan hadir dalam pembaruan Windows 11 yang akan hadir bulan depan. 

Salah satu pembaruan yang akan hadir adalah peningkatan taskbar. Peningkatan ini mencakup fitur mute dan unmute serta kemungkinan untuk menampilkan jam di monitor sekunder. Kedua fitur ini absen pada peluncuran Windows 11, tetapi Microsoft masih berupaya meningkatkan taskbar lebih lanjut untuk mengembalikan fungsionalitas yang hilang seperti drag and drop.

Selain itu, pembaruan Windows 11 yang akan datang juga akan menyertakan widget cuaca yang mulai diuji Microsoft bulan lalu. Perusahan piranti lunak asal Amerika tersebut juga mendesain ulang aplikasi Notepad dan Media Player. Keduanya akan menyertakan mode gelap dengan desain yang lebih cocok untuk Windows 11.

Tapi, Panay mengatakan pembaruan ini masih akan dalam status "pratinjau publik", yang berarti fitur-fitur yang sedang disiapkan ada masih dalam versi beta ketika diluncurkan secara luas bulan depan. Seperti diketahui, Microsoft pertama kali mulai menguji aplikasi Android di Windows 11 pada Oktober.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasang sejumlah aplikasi dari Appstore Amazon. Ada juga berbagai solusi untuk menjalankan Google Play Store di Windows 11, tetapi Microsoft tidak secara resmi mendukung ini.

Windows 10 dan Windows 11 saat ini sudah digunakan pada 1,4 miliar perangkat setiap bulan, dan menurut Microsoft pasar PC telah mengalami pertumbuhan yang kuat selama pandemi.

“Saat kami merenungkan apa yang mendorong perubahan struktural dalam permintaan dan penggunaan PC ini, kami melihat tiga tren yang bertahan lama: peningkatan pekerjaan dan pembelajaran hybrid, perubahan kebiasaan hiburan dan model distribusi, dan perubahan kebiasaan konsumen untuk tugas sehari-hari,” kata Panay, seperti dilansir dari laman The Verge (27/1).

Microsoft mengatakan mencatat peningkatan 6x pada orang yang menggunakan aplikasi seperti Cisco WebEx, Slack, Microsoft Teams, dan Zoom. Pembaruan Windows 11 juga akan mempermudah pengguna berbagi layar lewat Microsoft Teams dan aplikasi panggilan video lainnya. Tab baru akan muncul saat pengguna mengarahkan kursor ke Teams di taskbar.

“Sebagai sebuah tim, kami berbagi rasa terima kasih dan kebanggaan yang luar biasa dalam menghadirkan produk yang semakin menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, dan kami tahu kami belum selesai,” ujar Panay.

Share
×
tekid
back to top