sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
Rabu, 12 Jan 2022 12:10 WIB

PCIe Gen 6.0 memiliki kecepatan transfer hingga 64 GT/s

Dalam sebuah pengumuman terbaru, PCI-SIG mengumumkan kemampuan PCIe gen 6.0 yang hadir dengan kecepatan dua kali lipat dari PCIe gen 5.0.

PCIe Gen 6.0 memiliki kecepatan transfer hingga 64 GT/s

Lembaga yang bertanggung jawab atas standar PCIe, PCI-SIG, mengumumkan teknologi generasi selanjutnya untuk teknologi PCIe. Mereka memperkenalkan standar PCIe gen 6.0 yang memiliki kecepatan jauh lebih kencang dari teknologi PCIe gen 5.0 yang ada di pasaran.

Dalam sebuah pengumuman terbaru, standar teknologi PCIe gen 6.0 akan memiliki kecepatan transfer data mencapai 64 GT/s dan hingga 256 GB/s melalui konfigurasi x16. Kecepatan ini dua kali lipat lebih cepat jika dibandingkan dengan PCIe gen 5.0.

Mereka juga memperkenalkan Pulse Amplitude Modulation dengan 4 level (PAM4) signaling dan leverage PAM4 di standar baru ini. Tak ketinggalan, ada juga dukungan Lightweight Forward Error Correct (FEC) dan Cyclic Redundancy Check (CRC) untuk mengurangi kenaikan tingkat kesalahan bit yang terkait dengan pensinyalan PAM4.

Wccftech (12/1) melaporkan, PCIe gen 6.0 ini juga akan memiliki dukungan untuk teknologi PCIe generasi sebelumnya. Jadi, pengguna akan tetap dapat menggunakan perangkat apapun tanpa khawatir perangkat mereka tidak dapat digunakan lagi.

Ketua dan presiden PCI-SIG, Al Yanes mengatakan bahwa teknologi ini difokuskan untuk industri besar. “Teknologi ini adalah solusi interkoneksi yang hemat biaya dan terukur yang akan terus berdampak pada pasar intensif data seperti pusat data, kecerdasan buatan / pembelajaran mesin, HPC, otomotif, IoT, dan militer / kedirgantaraan dan lainnya.”

“Tak ketinggalan, kami juga tetap melindungi investasi industri dengan mempertahankan kompatibilitas mundur dengan semua generasi teknologi PCIe sebelumnya,” sambungnya.

Namun, teknologi ini dikabarkan belum akan hadir dalam waktu dekat. Sebab, teknologi ini baru akan diluncurkan setidaknya tiga tahun setelah diluncurkannya PCIe gen 5.0.

Selain itu, meski telah diluncurkan, kita juga masih akan menunggu para produsen perangkat keras yang menggunakan teknologi ini untuk mengadopsi standar PCIe gen 6.0.

Share
×
tekid
back to top