Nokia jadi vendor paling cepat rilis pembaruan

Bukan dengan rutin menghadirkan smartphone baru atau mengajak pelanggan bernostalgia. Nokia justru mendorong pembaruan software dalam waktu yang cepat pada ponselnya.

Nokia jadi vendor paling cepat rilis pembaruan (Foto: XDA Developers)

HMD Global cukup sukses mengembalikan kejayaan merek Nokia. Perusahaan asal Finlandia ini merilis smartphone pertamanya pada 2017 dan merilis berbagai handset baru. Namun strategi lain dilakukan perusahaan, bukan dengan rutin menghadirkan smartphone baru atau mengajak pelanggan bernostalgia. Nokia justru mendorong pembaruan software dalam waktu yang cepat pada ponselnya.

Upaya itu tak luput dari perhatian. Counterpoint bahkan menobatkan Nokia sebagai vendor pertama yang menghadirkan pembaruan dan keamanan smartphone di dunia. Menurut catatan Counterpoint Research, berjudul Software and Security Updates: The Missing Link for Smartphones, hapir 96% dari smartphone Nokia yang dijual secara kumulatif sejak kuartal tiga 2018, telah berjalan di Android Pie. Hal ini menjadikan Nokia sebagai merek tercepat dalam menghadirkan pembaruan sistem operasi.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Smartphone flip Nokia kembali diluncurkan

Nokia 6.2 resmi diluncurkan di IFA

HMD perkenalkan Nokia 7.2 di IFA 2019


"Sistem operasi dan pembaruan keamanan adalah aspek dari smartphone Android yang mendapat perhatian relatif sedikit. Pengalaman kami meneliti industri ini, kami telah melihat beberapa merek yang berfokus pada hal ini. Dan mungkin karena produsen tak mendiskusikannya, kesadaran konsumen pun terbilang rendah. Itu tidak ada di antara 10 fitur yang menurut konsumen paling mereka pedulikan, dalam penelitian kami," kata Direktur Riset Counterpaint, Peter Richardson.

Selain Nokia, merek lain yang terbilang cepat dalam menghadirkan pembaruan dan patch keamanan adalah Sasmung, Xiaomi, Huawei dan Lenovo. Mengingat prilaku konsumen kini lebih lama dalam menggunakan smartphone dengan satu tipe, penting bagi vendor ponsel untuk rajin memberikan pembaruan bagi pengguna.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: