sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
Rabu, 24 Feb 2021 12:17 WIB

NASA rilis video detik-detik pendaratan di Mars

Rekaman video diambil setelah pesawat rover Perseverance melewati atmosfer Martian dan menampilkan sejak parasut dilepas hingga mendarat di permukaan.

NASA rilis video detik-detik pendaratan di Mars
Source: NASA

NASA baru saja merilis rekaman video pendek yang diambil dari pesawat rover Perseverance di Mars. Video tersebut menampilkan detik-detik rover mendarat di Mars, setelah terjun melewati atmosfer planet. Ini merupakan tonggak sejarah bagi NASA karena dapat mengabadikan pendaratan di Mars untuk pertama kalinya. 

Tim misi di Jet Propulsion NASA, California menerima data sebesar 30GB dari Mars. Data tersebut berisi 23.000 gambar dengan 4.500 gambar di antaranya adalah video yang mereka unggah pada Senin, 23 Februari.

Video pendaratan Perseverance diambil dari beberapa sudut pandang. Setelah kompartemen parasut dibuka, kamera mulai mengambil gambar dari atas parasut. Lalu ketika perisai panas untuk menahan atmosfer dilepas, permukaan Mars yang berlubang dari ketinggian 11 kilometer pun terlihat.

“Sekarang kami akhirnya memiliki pandangan di barisan terdepan untuk apa yang kami sebut ‘seven minutes terror’ saat mendarat di Mars,” kata Michael Watkins, direktur Laboratorium Propulsi Jet NASA. “Dari bukaan parasut yang eksplosif hingga asap roket pendaratan yang mengirimkan debu dan puing-puing beterbangan saat mendarat, itu benar-benar menakjubkan.”

Audio pertama di Mars juga berhasil terekam secara singkat oleh mikrofon EDL yang disematkan di rover. Rekaman ini menangkap beberapa detik angin Mars dan suara rover yang beroperasi ketika mencapai permukaan. 

“Kami tahu publik terpesona dengan eksplorasi Mars, jadi kami menambahkan mikrofon EDL Cam ke kendaraan karena kami berharap itu dapat meningkatkan pengalaman, terutama bagi penggemar tunanetra, dan dapat melibatkan serta menginspirasi semua orang di seluruh dunia,” kata Dave Gruel, insinyur utama untuk subsistem kamera dan mikrofon EDL Mars di Perseverance.

Berkat Perseverance yang berfungsi dengan baik, kini kita bisa melihat lebih dekat planet merah tersebut dengan gambar dan video yang akan terus dibagikan oleh NASA. 

Share
×
tekid
back to top