sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Senin, 01 Apr 2024 14:59 WIB

NASA mulai mencari petunjuk baru tentang sejarah air kuno di Mars

Curiosity saat ini tengah menjelajahi dan menelusuri saluran Gediz Vallis, sebuah formasi yang tampaknya terbentuk oleh aliran sungai pada masa lalu.

NASA mulai mencari petunjuk baru tentang sejarah air kuno di Mars

Pesawat Penjelajah Mars milik NASA, Curiosity, telah memulai penelitian mendalam di wilayah baru Planet Mars yang berpotensi mengungkapkan lebih banyak tentang sejarah air kuno di sana. 

Dilaporkan dari laman resmi NASA (1/4), miliaran tahun lalu, Mars dipercaya memiliki kondisi yang jauh lebih basah dan mungkin lebih hangat daripada saat ini. Curiosity saat ini tengah menjelajahi dan menelusuri saluran Gediz Vallis, sebuah formasi yang tampaknya terbentuk oleh aliran sungai pada masa lalu.

Para ilmuwan tertarik dengan kemungkinan ini. Tim Curiosity sedang mencari bukti yang dapat memastikan bagaimana saluran ini terbentuk di batuan dasar Mars. Meskipun formasi ini memiliki kemiringan yang curam, membuat tim meragukan bahwa saluran itu dibentuk oleh angin, namun aliran material longsor atau sungai mungkin memiliki cukup energi untuk mengukir batuan dasar tersebut.

Setelah terbentuk, saluran ini kemudian terisi dengan batuan dan material lainnya. Ilmuwan juga ingin memahami bagaimana material ini diangkut ke dalam saluran tersebut. Sejak tahun 2014, Curiosity telah melakukan pendakian di bukit-bukit kecil Gunung Sharp, yang berdiri tinggi di atas lantai Kawah Gale.

Formasi lapisan batuan di bagian bawah gunung ini menawarkan gambaran mengenai bagaimana air dan bahan kimia penting untuk kehidupan berubah seiring waktu. Sekarang, Curiosity menjelajahi lapisan batuan yang diperkaya dengan sulfat, mineral garam yang sering terbentuk saat air menguap.

Penelitian ini akan memakan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, dan apa yang ditemukan dapat merevisi pemahaman ilmuwan mengenai sejarah pembentukan gunung tersebut. 

Hal ini menunjukkan bahwa air mungkin kembali ke Mars dalam skala besar, setelah periode yang panjang dan kering. Temuan ini sesuai dengan penemuan mengejutkan lainnya yang dibuat oleh Curiosity, yang menunjukkan bahwa air tampaknya datang dan pergi dalam siklus tertentu, bukan secara bertahap menghilang.

Curiosity telah mendokumentasikan saluran Gediz Vallis dengan panorama 360 derajat dari kamera navigasi rover-nya. Gambar ini, diambil pada tanggal 3 Februari, menampilkan pemandangan pasir gelap di sisi saluran dan tumpukan material longsor di belakangnya. Pengambilan panorama semacam ini adalah bagian rutin dari perjalanan Curiosity, dan sekarang para ilmuwan bergantung pada data ini lebih dari sebelumnya saat mereka terus menjelajahi Mars.

Share
×
tekid
back to top