sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Selasa, 04 Jun 2024 20:59 WIB

3 hal penting misi Europa Clipper NASA, penyelidikan bulan terbesar Jupiter

Misi ini bertujuan untuk menyelidiki Europa, salah satu bulan terbesar Jupiter yang diduga memiliki lautan di bawah permukaan esnya.

3 hal penting misi Europa Clipper NASA, penyelidikan bulan terbesar Jupiter

Pada bulan Oktober mendatang, NASA akan meluncurkan misi luar angkasa Europa Clipper. Misi ini bertujuan untuk menyelidiki Europa, salah satu bulan terbesar Jupiter yang diduga memiliki lautan di bawah permukaan esnya. 

Dilansir dari Space.com (4/6), Europa Clipper akan dilengkapi dengan berbagai instrumen canggih untuk mengungkap habitabilitas Europa, atau kemampuannya untuk mendukung kehidupan. Para ilmuwan berharap misi ini dapat memberikan petunjuk kuat tentang keberadaan kehidupan di Europa, meskipun mungkin bukan kehidupan seperti yang kita kenal di Bumi.

1. Menyelidiki lautan bawah permukaan es

Europa Clipper akan menyelidiki keberadaan dan sifat lautan di bawah permukaan es Europa menggunakan medan magnet. Para ilmuwan berharap dengan mempelajari respon medan magnet Europa, mereka dapat mengetahui tingkat keasinan air di lautan tersebut.

 

2. Menganalisis komposisi kimia Europa

Europa Clipper akan mempelajari komposisi kimia Europa, termasuk paparan radiasi di permukaannya dan potensi interaksi antara air dan batuan di bawah permukaan es. 

Para ilmuwan ingin mengetahui apakah paparan radiasi justru mendukung kehidupan di Europa dengan memecah molekul air menjadi unsur oksigen dan hidrogen. Mereka juga ingin mengetahui apakah interaksi air dan batuan menghasilkan ventilasi hidrotermal yang memasok nutrisi ke dasar lautan Europa, mirip dengan yang terjadi di Bumi.

3. Mencari biosignature

Europa Clipper akan mencari biosignature, tanda keberadaan proses kehidupan, di Europa. Para ilmuwan akan menggunakan spektrometer massa untuk menganalisis material yang dikeluarkan dari geyser es di Europa. Deteksi molekul organik atau asam amino, serta adanya jalur yang jelas antara material permukaan dan lautan Europa, akan menjadi indikasi kuat keberadaan kehidupan di sana.

Meskipun misi Europa Clipper tidak akan mendarat di Europa, para ilmuwan berharap data yang dikumpulkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang potensi kehidupan di bulan Jupiter tersebut.

Share
×
tekid
back to top