sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Selasa, 16 Apr 2024 19:45 WIB

3 strategi baru NASA untuk operasi berkelanjutan menjelajah antariksa

Pemerintahan Biden telah mengusulkan $27,2 miliar untuk tahun fiskal NASA tahun 2024, dengan peningkatan sebesar 7,1% dibandingkan tahun 2023.

3 strategi baru NASA untuk operasi berkelanjutan menjelajah antariksa

NASA telah memperkenalkan bagian pertama dari Strategi Keberlanjutan Antariksa, menegaskan komitmennya dalam menjaga keberlanjutan eksplorasi luar angkasa. Langkah ini menunjukkan peran NASA sebagai pemimpin global dalam memelihara lingkungan luar angkasa untuk generasi mendatang.

Berikut 3 strategi baru NASA dalam Strategi Keberlanjutan Antariksa, seperti dikutip dari laman resmi NASA (16/4).

1. Kepemimpinan global dalam keberlanjutan antariksa

NASA memimpin dalam mengidentifikasi tantangan dan solusi untuk menjaga keberlanjutan lingkungan luar angkasa. Dengan pendekatan keseluruhan agensi, NASA bertujuan untuk mengoordinasikan upaya-upaya keberlanjutan antariksa di seluruh organisasi. 

Namun, tantangan keuangan seperti pemangkasan anggaran oleh Kongres dapat menghambat implementasi strategi ini, meskipun pemerintahan Biden telah mengusulkan $27,2 miliar untuk tahun fiskal NASA tahun 2024, dengan peningkatan sebesar 7,1% dibandingkan tahun 2023. Anggaran tersebut akan meningkatkan pendanaan di seluruh dewan, terutama mendukung program eksplorasi bulan Artemis, Pengembalian Sampel Mars, Ilmu Bumi, dan pengembangan teknologi.

2. Dukungan untuk akses yang adil ke luar angkasa

NASA memastikan bahwa akses ke luar angkasa tersedia secara adil bagi semua pihak, dengan tujuan mendorong kolaborasi internasional dalam menjaga keberlanjutan lingkungan antariksa. Namun, kerjasama ini mungkin terpengaruh oleh pembatasan anggaran dan politik, sehingga perlu strategi yang efektif untuk mencapai tujuan ini.

Melalui strategi ini, NASA berkomitmen untuk bermitra dengan domestik dan internasional agar berhasil menyelesaikan beragam misinya, termasuk program Artemis dan Pengembalian Sampel Mars yang digadang-gadang sedang kekurangan dana. 

3. Misi dan operasi yang berkontribusi positif terhadap keberlanjutan antariksa

NASA menetapkan standar tinggi untuk misi dan operasinya, dengan memastikan bahwa kegiatan antariksa memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan luar angkasa. Fokusnya adalah pada penelitian dan pengembangan teknologi terbaru untuk mengurangi dampak negatif dari eksplorasi antariksa, khususnya dalam mengelola sampah antariksa di orbit Bumi.

Meskipun menghadapi tantangan kompleks seperti pengurangan anggaran dan perkembangan kemampuan komersial, NASA tetap bertekad untuk menjaga keberlanjutan lingkungan antariksa sambil melanjutkan eksplorasi luar angkasa menuju masa depan yang cerah.

Share
×
tekid
back to top