Mirrorless Olympus OM-D E-M5 III sebentar lagi hadir

Kamera ini akan menggantikan pendahulunya yang telah berumur 4 tahun. Tetapi belum diketahui secara pasti spesifikasinya.

Mirrorless Olympus OM-D E-M5 III sebentar lagi hadir Source: Pexels

Olympus baru saja mengonfirmasi bakal merilis sang penerus kamera mirrorless OM-D E-M5 Mark II. Dalam sebuah wawancara dengan DPReview, seorang eksekutif dari perusahaan asal Jepang tersebut mengatakan E-M5 merupakan kategori produk penting untuk pengguna menengah dan akan menghadirkan sang penerus.

Kamera yang diperkirakan memiliki nama OM-D E-M5 III akan menggantikan model lawas yang sudah berusia 4 tahun. Tetapi belum diketahui spesifikasi dan kapan M5 III akan hadir. Sejak saat itu, Olympus telah memperkenalkan mirrorless seri OM-D dan PEN, terutama OM-D E-M10 III dan OM-D E-M1 II, serta PEN-F. Sedangkan kamera flagship terbaru mereka adalah OM-D E-M1X.


BACA JUGA

Fujifilm punya lensa medium format yang sangat ringan

Sony A7R IV punya resolusi 61 MP

Sigma punya kamera mirrorless terkecil di dunia


Meski OM-D E-M5 II merupakan mirrorless kelas menengah, kamera ini tidak dapat merekam video beresolusi 4K. Selain itu, kamera dengan sensor 16 MP dan sistem AF 81 poin memang sudah agak ketinggalan zaman. Berbeda dengan Panasonic, Olympus masih berpegang teguh dengan sistem kamera Micro Four Thirds dan tidak menghadirkan kamera mirrorless full-frame.

Perusahaan tersebut juga menekankan rencana mereka untuk menghadirkan beberapa lensa setiap tahun do masa yang akan datang. Olympus juga mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengumumkan lensa baru sebelum hadirnya 150-400mm f/4.5 TC 1.25x IS PRO.

Lensa super telefoto mendatang, menyajikan penggunaan Micro Four Thirds dengan ukuran focal range 300-800mm (setara dengan format kamera 35mm). Lensa ini sebenarnya sudah dipamerkan dalam bentuk purwarupa. Dilansir dari Techradar (16/4), lensa ini juga terintegrasi teleconverter yang meningkatkan focal length menjadi 375-1000mm.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: