sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 30 Nov 2022 08:35 WIB

MediaTek dan Bullit siap rilis ponsel satellite-to-mobile pertama di dunia

MediaTek dan Bullit akan meluncurkan ponsel pintar perpesanan satellite-to-mobile pertama di dunia pada kuartal pertama tahun depan.

MediaTek dan Bullit siap rilis ponsel satellite-to-mobile pertama di dunia

Akhir-akhir ini perusahaan ponsel menunjukkan kemampuan baru untuk berkomunikasi dengan satelit. Sebelumnya, Apple dan Huawei telah menambahkan fitur konektivitas satelit ke ponsel flagship terbaru mereka, dan Samsung juga dikabarkan akan melakukan hal serupa.

Sekarang untuk membawa hal-hal ke tingkat berikutnya, Bullitt Group, produsen ponsel yang berbasis di Inggris, telah mengumumkan akan meluncurkan ponsel pertama di dunia dengan teknologi perpesanan satelit dua arah pada kuartal pertama tahun 2023.

Dilansir dari Gizmochina (30/11), Bullit telah bermitra dengan produsen chip MediaTek untuk mengembangkan ponsel mendatang tersebut. Agar dapat mengaktifkan komunikasi direct-to-satellite di ponsel 5G generasi berikutnya, Bullit telah bekerja sama dengan MediaTek selama 18 bulan terakhir.

Ini dikatakan bakal menjadi yang pertama menggunakan chipset 3GPP NTN (Non-Terrestrial Network) dari MediaTek, yang telah didemonstrasikan awal tahun ini. Secara paralel, perangkat lunak dan komponen layanan khusus telah dikembangkan untuk mendukung layanan perpesanan satelit OTT.

Diperlukan waktu sekitar sepuluh detik bagi ponsel buatan Bullit untuk terhubung dan mengirim pesan melalui satelit. Saat penerimaan seluler dan Wi-Fi hilang, perangkat akan secara otomatis beralih ke konektivitas satelit. Detailnya masih kurang jelas, tetapi perusahaan mengatakan akan menawarkan pengalaman yang mulus.

Sebagaimana klaim perusahaan, ponsel pertama dengan layanan satelit dua arah akan tersedia pada Q1 tahun 2023. Ponsel ini akan menawarkan pengiriman pesan darurat gratis selama setahun. Informasi harga perangkat Bullit yang akan datang belum diketahui.

Share
×
tekid
back to top