sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
Kamis, 13 Agst 2020 09:00 WIB

Intel dan Kemendikbud resmikan program Intel AI for Youth

Baik pihak Intel dan Kemendikbud ingin mendorong peningkatan kualitas pendidikan dengan cara memperkenalkan AI sebagai dasar dari Industri 4.0 yang akan diadaptasi di Indonesia.

Intel dan Kemendikbud resmikan program Intel AI for Youth

Intel dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja secara resmi bekerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Keduanya berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan teknologi.

Kedua belah pihak secara resmi memperkenalkan program Intel AI for Youth serta Orbit Future Academy. Program ini bertujuan untuk memperluas kesiapan akan kecerdasan buatan (AI) di sekolah negeri.

Tujuan ini selaras dengan tujuan penerapan industri 4.0 yang digalakan oleh Kementerian Perindustrian. Untuk menggelar kedua program tersebut, mereka akan membaginya ke dalam beberapa tahap.

Pada program tahap pertama, 100 siswa dan 40 guru dari 20 sekolah terpilih dari seluruh Indonesia akan menggunakan prinsip dan teknik yang mereka pelajari dari program AI for Youth dalam mengembangkan solusi berbasis teknologi. 

Tiap-tiap sekolah diharapkan mampu mengembangkan solusi untuk memecahkan berbagai tantangan yang dihadapi sekolah dan masyarakat di masa pandemi Covid-19 melalui penggunaan AI. 

"Indonesia bertransisi dari ekonomi berbasis sumber daya menuju ekonomi berbasis pengetahuan. Tenaga kerja yang siap dengan keterampilan AI, serta terampil dalam logika komputasi dan kemampuan memecahkan masalah menjadi sangat penting bagi keberhasilan transisi ini,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

"AI for Youth adalah program inklusif dan multidisiplin yang mendorong partisipasi siswa dan guru, tidak hanya mereka yang memiliki latar belakang matematika, dan fisika. Di Indonesia, demistifikasi teknologi diperlukan sehingga remaja kita dapat belajar beradaptasi dan berpartisipasi dalam dunia industri 4.0 di masa depan,” kata Ketua kehormatan & co-founder Orbit Future Academy, Dr.-Ing. Ilham A Habibie, MBA.

Intel menyebut Indonesia adalah negara kedua di ASEAN dan kesebelas secara global untuk memperkenalkan program Intel AI For Youth di sekolah. Program ini sebelumnya telah diluncurkan untuk sekolah di India, Polandia, Korea Selatan, Jerman, Singapura, Britania Raya, Tiongkok, Rusia, Israel, dan Amerika Serikat

"Sejalan dengan tujuan 2030 Intel dan tantangan dampak global, kami sangat antusias untuk membawa program Intel® AI for Youth ke Indonesia. Program ini akan menyediakan kurikulum AI, sumber daya, dan pendampingan kepada seluruh siswa SMA dan SMK secara nasional, sehingga memungkinkan mereka untuk menjadi bagian dari generasi yan siap AI," ujar Managing Director-Intel APJ Territory, Santhosh Viswanathan.

"Tujuan kami adalah untuk mendemokratisasi AI dengan program AI for Youth skala besar bagi remaja di 30 negara 30.000 institusi di seluruh dunia, dan memberdayakan lebih dari 30 juta orang dengan pelatihan keterampilan AI pada 2030.”

Misi Intel adalah untuk memperkaya kehidupan setiap orang di dunia melalui teknologi dan inisiatif seperti Intel AI for Youth dan lain-lain. Dengan memanfaatkan posisinya dalam ekosistem teknologi, Intel dapat membantu pelanggan dan mitra mencapai aspirasi mereka sendiri dan mempercepat kemajuan pada berbagai topik utama di dunia teknologi.

Share
×
img
×
tekid
back to top