Instagram luncurkan fitur baru untuk perangi berita palsu

Instagram telah meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna menandai berita palsu dan mengirimkannya ke tim pemeriksa fakta.

Instagram luncurkan fitur baru untuk perangi berita palsu Source: Pexels

Bergabung dengan Facebook untuk melawan informasi yang salah, Instagram baru saja meluncurkan "flagging tool" yang dirancang untuk memerangi berita palsu. Dilansir dari Hypebeast (17/8), fitur ini baru rilis di Amerika Serikat dan akan memperingatkan sekelompok pemeriksa fakta dari pihak ketiga, saat ada informasi palsu yang telah ditandai. Klaim mereka, fitur ini juga akan diperluas ke seluruh dunia pada akhir Agustus ini. 

"Informasi yang salah adalah masalah yang secara pribadi menghabiskan banyak waktu saya. Saya bangga bahwa mulai hari ini, orang-orang dapat memberi tahu kami jika mereka melihat postingan di Instagram yang mereka yakini salah," kata Head of Instagram, Adam Mosseri. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Caption Instagram kece dari lagu The Beatles

Celah keamanan Instagram ungkap unggahan akun privat

Caption Instagram kece untuk OOTD serba hitam


Untuk menandai informasi palsu, Anda hanya perlu membuka postingan yang ingin Anda ingin tandai. Kemudian pilih menu tiga titik yang terletak di sudut kanan atas postingan, lapilihan 'u pilih "Laporkan". Selanjutnya Anda pilih "Ini tidak pantas", dan pilih "Informasi palsu". 

Setelah Anda menandainya, maka laporan tersebut akan langsung dikirim ke tim pemeriksa fakta. Diklaim jika suatu postingan dianggap sebagai informasi yang salah, maka Instagram akan menahan postingan tersebut atau menghapusnya. 

Peluncuran fitur ini menjadi salah satu upaya perusahaan induk Instagram, Facebook, untuk memerangi penyebaran informasi palsu di platform-nya. Ditambah lagi, Facebook juga dikabarkan telah meningkatkan jumlah pemeriksa fakta untuk kedua media sosialnya, meskipun pemeriksa fakta Instagram hanya berbasis di AS. Bagaimana menurutmu? Apa fitur baru ini akan cukup berguna?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: