Inilah YouTuber berpenghasilan tertinggi di dunia

Dari kegemarannya memamerkan aksi bermain Minecraft, kini Daniel Middleton menjadi YouTuber dengan penghasilan tertinggi di dunia.

Daniel Middleton alias DanTDM tercatat sebagai YouTuber dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2017, sebagaimana dirangkup Forbes. YouTuber dengan pengikut mendekati 17 juta itu diperkirakan meraup USD16.5 juta.

Bintang yang tengah melejit ini sering menghabiskan waktunya dengan menjadi reviewer gim, mirip seperti PewDiePie yang juga memiilki hobi yang sama. Siapa sangka, profesi ini menghasilkan jutaan dollar hanya dengan bercuap-cuap ketika bermain gim.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

YouTube gelar FanFest Showcase di empat kota

YouTube hapus 30.000 video ujaran kebencian

Youtube mempersingkat jumlah subscriber di platform mereka


Jika ditotal, pendapatan 10 YouTuber dengan bayaran tertinggi akan senilai USD127 juta dengan periode Juni 2016 hingga Juni 2017. Jumlah ini meningkat 80% dari tahun lalu yang hanya menghasilkan USD70.5 juta.

“Hal yang menarik dari YouTube adalah tidak ada kompetisi seperti TV. Anda bisa menonton apa saja yang Anda suka,” ujar Middleton pada Guardian tahun lalu.

Di posisi dua ada Evan Fong dengan perolehan USD15.5 juta. YouTuber ini justru memiliki 21 juta pengikut. Dia memeroleh animo yang sangat tinggi karena turut menjual merchandise yang disukai generasi muda.

“Dunia gim memiliki dua sisi, di mana penontonnya akan terus berkembang jika berhubungan dengan tips dan trik. Produsen gim melihat ini sebagai salah satu cara untuk beriklan,” ujar Krishna Subramanian, Cofounder Captiv8, platform untuk konten berbayar.

Sementara itu, penghasilan Felix Arvid Ulf Kjellberg atau lebih dikenal dengan PewDiePie justru merosot sebesar 20% menjadi USD12 juta hingga membuatnya berada di posisi ke-enam. Reviewer gim asal Swedia ini memiliki fans yang cukup banyak.

Tahun 2017 bukanlah tahun yang baik bagi PewDiePie karena ulahnya sendiri. Pada beberapa unggahan videonya, PewDiePie menyerukan seruan rasis yang tentu memancing reaksi yang beragam. Google, Disney dan beberapa perusahaan mulai mengambil jarak dengannya.

PewDiePie tak sendiri, ada YouTuber lain yang turut mengalami penurunan penghasilan. Dia adalah Jake Paul yang berada pada posisi 7 dengan penghasilan USD11.5 juta. Jake Paul dipecat dari chanel Disney Bizaardvark setelah membuat kesal tetangganya di Los Angeles dengan membuat beberapa kegaduhan.

Drama itu hanya membuat penghasilannya merosot dari peringkat YouTube saja. Pria yang berangkat dari video Vines itu memiliki beberapa usaha lain di luar YouTube.

 
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: