Huawei P30 Pro masuk daftar YouTube Signature Device

YouTube menambah panjang daftar perangkat yang memberikan pengalaman terbaik ketika memutar video di platform tersebut.

YouTube menambahkan tiga perangkat baru dalam daftar Signature Device-nya. Ketiga perangkat itu adalah Huawei P30 Pro, Huawei P30 dan Honor View 20.

Untuk diketahui, YouTube Signature Device merupakan daftar smartphone, yang semuanya menjalankan sistem operasi Android, yang didapuk YouTube untuk dapat memutar video dengan kualitas tinggi. Perangkat tersebut diyakini dapat memutar video HDR, 360, decoding 4K, frame rate tinggi dan dukungan DRM.


BACA JUGA

YouTube Originals akan gratis untuk umum mulai 24 September

YouTube Originals akan gratis untuk umum mulai 24 September

Fundo bikin YouTuber patok harga untuk meet and greet


Hingga saat ini, hanya ponsel Android saja yang berhasil masuk dalam daftar tersebut. Itu pun tidak semuanya. Ada sejumlah spesifikasi yang harus terpenuhi. Untuk bisa masuk dalam daftar tersebut, sebuah ponsel harus mendukung fitur HDR, 4K decoding, video 360, VP9 decoding dan dukungan DRM.

Daftar tersebut pertama kali dirilis YouTube saat peluncuran Galaxy Note 9 pada Agustus 2018. Kala itu, Note 9 merupakan satu dari 19 perangkat yang masuk daftar YouTube Signature Device.

Sayangnya, sampai saat ini iPhone belum masuk dalam daftar tersebut. Pasalnya, salah satu dukungan, yakni VP9 tidak dimiliki Apple. Ini merupakan decoding video yang dikembangkan langsung oleh Google. Mengingat bahwa YouTube, Google dan Android adalah saudara, maka tidak heran hanya perangkat Android di dalam daftar tersebut.

Kehadiran tiga perangkat baru itu menambah panjang daftar YouTube Signature Device. Hingga saat ini, ada 32 perangkat Android dalam daftar itu dan semuanya merupakan seri flagship dari masing-masing manufaktur.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: