sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Selasa, 23 Feb 2021 15:54 WIB

Facebook bagikan kisah inspiratif lewat #IndonesiaKu

#IndonesiaKu merupakan kampanye yang akan dilakukan selama setahun untuk menyebarkan kisah-kisah inspiratif, dengan kumpulan program dan tema menarik setiap bulan.

Facebook bagikan kisah inspiratif lewat #IndonesiaKu
Source: Facebook

Facebook menyatakan selama masa pandemi, orang-orang semakin terhubung satu sama lain di platform-nya. Studi perusahaan dengan YouGov mencatat, 95% dari 15.000 responden telah memberikan dukungan kepada anggota komunitas dan 55% memberi dukungan moril. Responden bahkan merasa nyaman berbagi cerita kepada sesama anggota dan seringkali kisah inspiratif lahir dari komunikasi ini.

Melihat tren yang terjadi ini, Facebook ingin merayakan kebersamaan yang terjalin antara pengguna, anggota komunitas, dan para kreator. Perusahaan ingin mendorong cerita inspiratif dan sukses dari komunitas dan kreator di Indonesia melalui kampanye #IndonesiaKu yang akan berjalan selama setahun ke depan.

“Komunitas dan pelaku usaha tetap menjadi fokus utama kami baik di tahun lalu dan di tahun ini. Di tahun ini, kita ingin mendorong cerita inspiratif dan kisah sukses dari komunitas kreator di Indonesia. Dari kreator konten sampai kreator gaming. Kita akan semaksimal mungkin menyebarkan kisah-kisah mereka,” kata Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia. “Tujuannya supaya ini bisa menjadi inspirasi yang baik buat orang-orang di Indonesia.”

Kampanye ini akan memiliki beberapa program di antaranya, video berseri: Kenalan Dengan, komik berseri, acara live spesial, serta #challenge dan kuis. Setiap bulan memiliki tema yang berbeda, mengikuti hari-hari besar yang ingin Facebook rayakan pada bulan itu. Misalnya, pada Maret nanti akan mengangkat tema Perempuan Indonesia dalam rangka perayaan Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret.

Di samping itu, Facebook juga berkolaborasi dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bina Nusantara dalam memproduksi komik berseri inspiratif. Ini akan menjadi wadah bagi mahasiswa bahkan dosen kampus tersebut untuk menuangkan kisah inspiratif dalam bentuk karya komik.

“Komik itu suatu media komunikasi populer yang bertahan sedemikian lama di tengah perubahan jaman dan teknologi. Dan karena bentuknya juga yang menggabungkan tulisan dan gambar, komik dapat menjadi solusi penyampaian pesan yang praktis dan mudah dicerna juga dapat diterima oleh semua kalangan. Jadi dari komik strips ini kita akan menceritakan kisah-kisah inspiratif dari para tokoh, komunitas, pelaku bisnis yang dikemas dalam penceritaan dan visualisasi yang baik,” kata Danendro Adi selaku dosen jurusan DKV di Universitas Bina Nusantara.

Melalui kampanye ini, Pieter berharap dapat berinvestasi pada kualitas kemanusiaan, agar masyarakat dapat memperbesar potensi diri dengan memanfaatkan alat, digital, dan kemampuan yang ada untuk meningkatkan UMKM digital di Indonesia.

Share
×
tekid
back to top