sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Rabu, 15 Des 2021 14:03 WIB

Dell ingin buat laptop yang mudah diperbaiki dan didaur ulang

Dalam sebuah pengumuman baru, Dell dan Intel memiliki konsep laptop Concept Luna dimana laptop mudah untuk diperbaiki dan didaur ulang.

Dell ingin buat laptop yang mudah diperbaiki dan didaur ulang

Salah satu masalah di era teknologi adalah menggunungnya sampah elektronik. Jenis sampah ini merupakan sampah yang terburuk, karena tidak dapat diurai langsung oleh tanah dan jika terserap tanah, akan membahayakan lingkungan.

Berbagai macam perusahaan pun sudah mulai mencari cara untuk mereduksi jumlah sampah elektronik. Dan salah satunya adalah dengan melakukan daur ulang sampah elektronik untuk menjadi perangkat baru.

Salah satu perusahaan yang mulai melakukan ini adalah Dell. Dengan menghadirkan sebuah konsep seri laptop bernama Concept Luna, Dell dan Intel ingin membuat laptop yang tidak hanya lebih mudah diperbaiki, juga lebih mudah untuk di daur ulang.

Dilansir dari Ubergizmo (15/12). bahwa Dell telah menata ulang motherboard laptop menjadi 75% lebih kecil dan menggunakan komponen 20% lebih sedikit. Ini merupakan salah satu strategi yang mereka miliki.

Motherboardnya juga akan lebih mendekat ke bagian atas casing untuk memberikan akses pendinginan yang lebih besar. Selain itu, komponen baterai akan sedikit diberi jarak agar panasnya tidak menyebar, yang memungkinkan Dell membuat laptop dengan pendingin pasif.

Mereka juga membayangkan bagaimana sasis laptop akan dibangun menggunakan aluminium yang telah diproses menggunakan tenaga air dan menggunakan konstruksi dengan proses press, dan juga mengurangi jumlah sekrup untuk memudahkan akses internalnya.

Perusahaan juga menyarankan agar PCB dapat dibuat menggunakan bahan berbasis bio, dan juga menggunakan lem polimer yang larut dalam air untuk memudahkan pelepasan komponen tanpa merusaknya.

Share
×
tekid
back to top